Sabtu, 30 Januari 2016

Pengertian bisul serta penyebabnya

Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat rambut tumbuh.
Bagian tubuh yang paling sering diserang bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, serta paha. Ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Bisul juga bisa tumbuh pada kelopak mata, kondisi inilah yang biasanya kita kenal dengan istilah bintitan.

Macam-macambisul
Akne kista ialah bisul yang terjadi pada permukaan kulit pada bagian yang mengandung minyak berlebih, seperti di wajah. Penyebab utama dari bisul ini karena adanya infeksi bakteri pada kelenjar minyak.
Kista pilonidal adalah bisul yang terjadi pada area pantat, dan dapat mengeluarkan nanah. Penyebab utamanya ialah infeksi yang terjadi pada folikel rambut, bilamana terus bergesek dan terkena tekanan, sehingga semakin sakit dan tak nyaman untuk duduk.
Hidradenitis suppurativa merupakan suatu bisul yang terjadi pada lipatan pangkal paha dan ketiak. Bisul ini lebih terasa pedih karena adanya peradangan pada peradangan keringat.

Penyebab dan ciri penyakit bisulPenyakit bisul ini bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh, terletak pula pada area tertentu seperti di leher, punggung, pantat, kaki, wajah, kepala dan bagian tubuh lainnya. Resiko ini ditimbulkan karena adanya bakteri yang menempel di kulit dan menginfeksi kulit tersebut. Selain dari bakteri, terdapat pula penyebab yang lain, diantaranya:
1. Adanya pola makan yang kurang sehat.
2. Kurangnya penjagaan atas kebersihan diri.
3. Lemahnya sistem kekebalan pada tubuh.
4. Mengkonsumsi menu makanan yang tidak sehat.
Penyakit bisul ini tidak sama dengan gatal-gatal yang hanya sementara saja, akan tetapi jauh berbeda. Untuk mengetahui kepastian dari penyakit bisul ini dapat diketahui dari beberapa gejalanya, yaitu:
a. Timbulnya benjolan yang berwarna merah-merah seperti jerawat pada permukaan tubuh.
b. Adanya benjolan pada bagian kulit dan terasa gatal.
c. Benjolan terasa perih dan nyeri.
d. Adanya warna putih ditengah-tengah benjolan tersebut.
e. Terasa sakit bila ditekan.
f. Mengeluarkan nanah yang berbau tidak sedap.
g. Kadang disertai dengan demam.
Pada intinya, penyakit bisul ini dapat merusak penampilan dan kesehatan pada kulit. Penyebabnya ialah dari infeksi bakteri yang menjadi benjolan di beberapa titik tubuh.

Nah itulah pengertian bisul serta penyebab nya.
Baca juga obat tradisional untuk mengatasi bisul di ===> SINI <===
Serta artikel KESEHATAN lainnya di ===> SINI <===


EmoticonEmoticon