Jumat, 01 Februari 2019

Cara termudah untuk Memasak Sempurna Rengginang Mekar dan Renyah

Rengginang Mekar dan Renyah. Lihat juga resep Rengginang Renyah Mekar enak lainnya! Bahkan rengginang juga kerap ditemukan di hari lebaran sebagai suguhan di rumah. Nah, bagi yang ingin mencoba membuat rengginang sendiri di rumah, ada resep mudah yang bisa dicoba.

Rengginang Mekar dan Renyah Buat persediaan camilan kalau lagi males buat camilan. Rengginang adalah hidangan kue kering yang manis dan populer banyak dipasaran. Sayangnya tidak banyak orang yang bisa membuat rengginang ketan yang renyah dan mengembang. dapat Mempersiapkan Rengginang Mekar dan Renyah dengan menggunakan 5 bahan dan 9 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya adalah Rengginang Mekar dan Renyah

  1. Kamu dapat 1 kg dari beras ketan yang bagus.
  2. Kamu dapat 7 siung dari bawang putih.
  3. Kamu dapat 3 sdm dari garam.
  4. Kamu dapat 2 potong dari terasi mentah (pake yg shachet aja biar praktis).
  5. Kamu bisa 400 ml dari air.

Bahkan rengginang juga kerap ditemukan di hari lebaran sebagai suguhan di rumah. Nah, bagi yang ingin mencoba membuat rengginang sendiri di rumah, ada resep mudah yang bisa dicoba. Cukup dengan lima bahan saja, kita sudah bisa membuat rengginang yang mekar dan renyah. Resep ini tidak memerlukan perendaman beras terlalu lama, namun hasilnya memuaskan.

Rengginang Mekar dan Renyah langkah-langkah

  1. Cuci bersih ketan. Lalu direndam semalaman..
  2. Siapkan dandang. Setelah air dandang mendidih kukus beras ketan selama 15 menit atau hingga ketan mekar dengan menggunakan kain saringan. Agar mudah mengangkat beras ketan..
  3. Sambil menunggu ketan mekar. Panaskan air lalu Haluskan bawang putih garam dan terasi. Setelah air mendidih matikan api dan masukkan bumbu halus. Aduk rata..
  4. Angkat ketan yang sudah mekar. Masukkan kedalam air bumbu aduk rata menggunakan sendok kayu. Biarkan selama 15 menit hingga air bumbu terhisap habis oleh ketan..
  5. Siapkan kembali dandang lalu kukus ketan berbumbu selama 25 menit hingga ketan matang..
  6. Cetak ketan di atas nampan (sebelumnya nampan diolesi dl dng minyak sayur agar ketan tidak menempel pada saat proses penjemuran nantinya) hingga ketan habis.
  7. Jemur ketan diterik matahari. Balik rengginang apa bila sudah kering satu sisinya. Lakukan hingga rengginang benar-benar kering.
  8. Goreng rengginang dng minyak banyak dan panas sedang sambil digoyang2 hingga rengginang mekar. Rengginang siap menjadi camilan disaat waktu senggang..
  9. Tips: pada saat mencetak jangan ditekan2 ya.... supaya rengginang bisa mekar nanti waktu digoreng.^_^.

Cara membuat rengginang terasi renyah. foto: Instagram/@jarohaguswinarni. Lihat juga resep Rengginang Renyah Mekar enak lainnya. Simpan kue ini pada toples besar supaya memiliki tektur yang tetap renyah, selamat mencoba. Aduk rata bumbu halus, garam, gula pasir, dan ketan. Cara menggoreng kerupuk agar mekar sempurna selanjutnya adalah mengaduknya dengan tepat.


EmoticonEmoticon