Selasa, 05 Februari 2019

Resep: Viral 113. Pepes Oncom Tinta Hitam

113. Pepes Oncom Tinta Hitam. Lihat juga resep Pepes Oncom Bumbu Merah enak lainnya. Bingung mau bikin cemilan apa, Moms, untuk si kecil dan keluarga. Pengen minum minuman yang seger sekaligus menyehatkan pas cuaca lagi panas-panasnya?

113. Pepes Oncom Tinta Hitam Rahasianya di Perpaduan Oncom, Sambel bawang, dan Tinta Blekutak. Pengen banget sesuatu yang asam segar, jadilah hari ini saya buat salad dengan buah-buahan yang ada di lemari pendingin, Moms. Dan bagian paling penting dalam resep ini saya tidak menggunakan Mayonaise, tapi diganti bahan yang kurang lebih hampir sama--tetap asam juga. Anda dapat Menghidangkan 113. Pepes Oncom Tinta Hitam dengan menggunakan 17 bahan dan 4 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya adalah 113. Pepes Oncom Tinta Hitam

  1. Kamu bisa dari Bahan Utama.
  2. Kamu siapkan dari buah/papan oncom--buang bagian kuning/oranye.
  3. Kamu dapat dari cumi segar--jangan buang tintanya.
  4. Kamu bisa dari kemangi--ambil bagian muda.
  5. Kamu bisa dari tomat ukuran kecil--iris.
  6. Kamu dapat dari cabai rawit setan--iris.
  7. Kamu bisa dari Bahan Halus.
  8. Kamu bisa dari cabai rawit setan.
  9. Kamu bisa dari bawang merah.
  10. Kamu dapat dari bawang putih.
  11. Kamu dapat dari kencur.
  12. Kamu bisa dari jahe.
  13. Kamu dapat dari kemiri.
  14. Kamu bisa dari garam.
  15. Kamu bisa dari gula pasir.
  16. Kamu bisa dari Bahan Pelengkap.
  17. Kamu bisa dari daun pisang.

Salah satunya Buras ini, seperti Lontong isi Oncom, ini enak banget. kebetulan kemaren sempat keluyuran ke pasar tradisional juga cari Oncom segar khas Bandung, yang Oncomnya warna kehitaman. Kalau dulu pernah coba Oncom lain yang seperti ampas Tempe Gembus, kalau ini terbuat dari Tempe kehitaman gitu dan kelihatan biji-biji kedelainya. Oncom merah umumnya dibuat dari bungkil tahu, yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu, sedangkan oncom hitam umumnya dibuat dari bungkil kacang tanah yang kadangkala dicampur ampas (onggok) singkong atau tepung singkong (tapioka), agar mempunyai tekstur yang lebih baik dan lebih lunak. Selain sambal, tampak juga pepes dengan tujuh variasi, yaitu pepes tahu, pepes teri, pepes ikan mas, pepes oncom, pepes jamur, pepes ayam, dan pepes peda.

113. Pepes Oncom Tinta Hitam instruksinya

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus, sampai benar-benar halus. Sisihkan..
  2. Hancurkan oncom sampai halus. Jika sudah halus, tambahkan kemangi, cumi, dan irisan tomat serta bumbu halus. Aduk rata--pastikan semua bumbu merata ke semua bagian..
  3. Siapkan daun pisang, lalu letakkan adonan pepes di atasnya sesuai selera. Bungkus. Siap dikukus selama kurang lebih 15-20 menit. Angkat, siap disajikan dengan nasi hangat..
  4. CATATAN: 1) Penggunaan kencur dan jahe, selain menambah rasa juga menghilangkan bau amis dari cumi. 2) Jangan tambahkan air pada adonan, karena akan membuat pepes terlalu basah. 3) Jika kurang suka pedas, boleh kurangi jumlah cabai yang digunakan. Selamat mencoba resepnya:).

Di meja tetangga, terlihat pesanan berupa ayam bakar dan ikan gurami goreng berbumbu sambal yang menggiurkan. Saya pun bertanya kepada pria yang tadi mencarikan tempat duduk. Pesan makanan dan minuman favoritmu dari Fmp Warteg Sedap - Penjaringan. Pesannya gampang dan pengiriman cepat langsung ke lokasi kamu. Paket nasi kreasi kami yang memiliki khas yang unik, sedap, dan menyegarkan dengan menggabungkan perpaduan rasa oncom, tinta cumi hitam Blekutak, dan sambal bawang spesial kami.


EmoticonEmoticon