Jumat, 26 April 2019

Cara termudah untuk Membuat Viral Madumongso

Madumongso. Madumongso or madumangsa is a Javanese snack made from black sticky rice as a basic ingredient. The taste is mixed with sweet because the black rice is previously processed before it becomes tapai (through the fermentation process) and cooked become dodol. List of rice dishes Madu Mongso adalah salah satu warisan kuliner tradisional Indonesia yang telah cukup dikenal.

Madumongso Makanan ringan ini terbuat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Rasanya asam bercampur manis karena ketan hitam sebelumnya diolah dahulu menjadi tapai (melalui proses fermentasi). Setelah jadi kemudian diolah lagi dengan menambahkan gula, santan, dan beberapa buah nanas sebelum kemudian dimasak hingga menjadi seperti dodol/jenang. dapat Membuat Madumongso dengan menggunakan 4 bahan dan 7 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya ialah Madumongso

  1. Kamu bisa 1 kg dari Ketan Hitam.
  2. Kamu dapat 500 gr dari Gula Pasir.
  3. Kamu bisa 1 btr dari Kelapa tua, diparut, jadikan santan kurleb 6 gelas.
  4. Kamu dapat 6 btr dari Ragi Tape. Tau ragi tape kan ? bulat putih diameter 2cm.

Every Idul Fitri each household makes packages (in plastic bowls) of "nasi berkat" with various side dishes, such as egg (boiled, then spiced), fried rice noodles with vegetables, sambal goreng (a mix of spiced fried tofu and potato), and garnish such as sliced. Madumongso adalah termasuk makanan ringan yang terbuat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Rasanya manis legit karena ketan hitam sebelumnya diolah dahulu menjadi tapai (melalui proses fermentasi). Setelah jadi kemudian diolah lagi dengan menambahkan gula, santan dan beberapa bahan tradisional yang lain.. madumongso menggunakan metode dan per-alatan yang sangat sederhana, yaitu dengan alat utama untuk mengaduk berupa wajan dan kompor.

Madumongso instruksinya

  1. Kita buat Ketannya dulu yaaa... Masak ketan hitam sampai matang. Setelah matang, angin-anginkan semalaman hingga adem..
  2. Proses selanjutnya, hancurkan ragi jadi halus dengan sendok makan, ato ditumbuk juga bisa. Taburkan ke ketan hitam sampai habis. Kemudian tabur 3sdm gula pasir. Simpan di wadah kedap udara. Tunggu hingga 3 hari dan berbau tape, airnya juga keluar ney..
  3. Setelah hari ketiga. Saring tape ketan, ambil tapenya. Sisihkan..
  4. Siapkan santan, masak dengan wajan, aduk terus hingga berkurang dan agak mengental, masukkan gula pasir, aduk terus hingga mengental..
  5. Masukkan tape ketan hitam, airnya ga usah ikut ya, airnya buat diminum sendiri aja 😉.
  6. Aduk terus hingga santan habis. Tandanya sudah matang adalah ngaduknya susaaaah dan beraaat banget. Semakin kalis ketan, semakin awet jangka penyimpanannya..
  7. Kalo uda mateng, tunggu adem dan bisa dibungkus deeh. Cantiiik sekali 😘😍.

Proses pembuatan madumongso terbi-lang cukup rumit dan membutuhkan keahl-ian khusus. Biasanya madumongso dikemas dengan kertas minyak warna-warni. Ada juga yang mengemasnya dengan plastik kecil lalu diikat menggunakan benang wol warna-warni. Sampe sekarang, tiap lebaran pasti deh niteni madumongso di rumah salah satu pakpuh. Kudu ngebungkus bawa pulang dah pokoke.


EmoticonEmoticon