Rabu, 24 Juli 2019

Resep: Enak Sanggara Belanda Khas Suku Bugis

Sanggara Belanda Khas Suku Bugis. Hingga kini Sanggara Balanda menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Sanggara Balanda menjadi pilihan karena makanan khas suku Bugis sudah pasti selalu disajikan dalam keadaan segar, sebab Sanggara Balanda bukanlah tipe jajanan yang bisa tahan lama. Resep Sanggara Balanda (Pisang Goreng Belanda) Khas Bugis #Dandelion.

Sanggara Belanda Khas Suku Bugis Sanggara balanda adl kue khas bugis. Sanggara dlm bhs bugis artinya pisang goreng dan ini sdh dibuat sejak zaman penjajahan Belanda. Kue khas ini memakai pisang raja dan konon katanya isinya hanya memakai keju dan mentega yg dibawa oleh org belanda. Netizen dapat Mempersiapkan Sanggara Belanda Khas Suku Bugis dengan menggunakan 9 bahan dan 6 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya adalah Sanggara Belanda Khas Suku Bugis

  1. Kamu bisa 6 buah dari pisang kepok.
  2. Kamu bisa 150 gram dari kacang tanah.
  3. Kamu bisa 100 dari garam kacang mete.
  4. Kamu dapat 50 gram dari gula pasir.
  5. Kamu siapkan 3 SDM dari mentega.
  6. Kamu siapkan dari bahan tambahan:.
  7. Kamu bisa secukupnya dari gula merah.
  8. Kamu dapat sedikit dari air.
  9. Kamu bisa secukupnya dari keju parut.

Sanggara ini sering disajikan jika ada acara ad. Hai teman-teman, hari ini saya akan berbagi resep lagi *Sanggara Belanda* Khas Bugis Makassar. Watch Queue Queue Sanggara Balanda artinya Pisang Goreng ala Belanda. Kue Sanggara Balanda aslinya dari wilayah Sulawesi Selatan.

Sanggara Belanda Khas Suku Bugis langkah-langkah

  1. Siapkan beberapa bahan yang diperlukan. Kemudian kupas pisang dan gosok-gosok bagian luar pisang dengan kulit pisang bagian dalam hingga halus dan licin. Kemudian sisihkan(ada bahan yg tidak ikut saya foto ya).
  2. Campuran minyak goreng dengan mentega agar pisang saat digoreng menjadi harum. Goreng pisang dengan api kecil hingga matang, sesekali dibalik agar tidak hancur. setelah pisang terlihat merekah angkat dan tiriskan..
  3. Membuat isian kacang: kacang mete dam kacang tanah diblender kasar. Kemudian Sangrai kacang mete dan kacang tanah hingga berubah warna. Gunakan api kecil agar tidak gosong.
  4. Tambahkan mentega, gula pasir, dan parutan keju yang sudah kita siapkanm aduk rata hingga semua tercampur..
  5. Membuat saus: campur gula merah dengan air matang. Masak hingga gula larut dan kemudian saring.
  6. Saat pisang masih panas belah bagian tengahnya jangan sampai tembus ke bawah, kemudian segera isi dengan selai kacang yang telah dibuat tadi. Lanjut Siram dengan saus gula merah. simpan beberapa saat di dalam kulkas kemudian keluarkan. Sanggara balanda siap disajikan.

For info sedikit, di Sulawesi Selatan ada banyak suku lain lho selain Suku Makassar dan Suku Bugis. Bedakan pula antara Suku Makassar vs Kota Makassar. Sanggara Balanda adalah kudapan yang berasal dari makasar. SANGGARA di suku Bugis-Makassar, Sulawesi Selatan berarti "pisang goreng". Sementara BALANDA merupakan julukan orang Bugis untuk warga Belanda yang saat itu menjajah negeri Angin Mamiri.


EmoticonEmoticon