Rabu, 18 September 2019

Resep: Lezat Tepe ketan manis

Tepe ketan manis. Di video saya membuat tape ketan hijau dan putih yang manis dan berair banyak. Lihat juga resep Tape Ketan Hitam Manis Tanpa Gula enak lainnya. Tape ketan putih merupakan salah satu jenis tape yang ada di Indonesia.

Tepe ketan manis Tape ketan ini memiliki citarasa yang khas yaitu manis dan asam yang diperoleh dari ketan sehingga menjadikan tapai ini sangat unik. Rasanya yang enak dan manis, tape ketan bisa menjadi pilihan untuk sajian di waktu santai bersama keluarga, sangat pas kalau dihidangkan di momen momen bahagia seperti lebaran dan sebagainya. Walaupun makanan ini terbilang jadul, tapi dengan berbagai olahan kini tape ketan menjadi makanan yang tidak kalah laris dibanding dengan makanan modern. Kalian dapat Mempersiapkan Tepe ketan manis dengan menggunakan 6 bahan dan 12 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya yaitu Tepe ketan manis

  1. Kamu siapkan 1 kg dari ketan beras.
  2. Kamu dapat 4 butir dari ragi tape.
  3. Kamu siapkan 4 sdm dari gula pasir.
  4. Kamu bisa 3 lmbr dari daun pandan.
  5. Kamu bisa Secukupnya dari pewarna hijau.
  6. Kamu bisa dari Daun pisang.

Sebenarnya sangatlah sederhana untuk bisa membuat tape ketan hitam yang rasanya manis dan enak. Terpenting adalah anda harus tahu dulu resep yang tepat dan praktek. Jika pertama coba masih belum pas, jangan menyerah coba lagi dan lagi sampai bisa dan tape ketan hitam yang anda buat rasanya sudah pas dan enak sesuai harapan. Terakhir, sediakan juga gula pasir atau gula putih.

Tepe ketan manis instruksinya

  1. Cuci bersih beras ketan.
  2. Tambahkan pewarna makanan hijau tua.
  3. Rendam selama 3 jam.
  4. Tambahkan daun pandan Kukus selama 20 menit.
  5. Siram dengan air panas secukupnya.
  6. Kukus lagi sampai matang selama 30 mnit.
  7. Angkat dan dinginkan.
  8. Siapin daun pisang dan wadah.
  9. Tumbuk halus ragi.
  10. Taburkan ke atas ketan kemudian gula pasir.
  11. Bungkus dan diamkan selama 3 hari.
  12. Tape siap dinikmati.

Tape Ketan Hijau, Manis dan Segar Pakai Bungkus Daun Jambu Air. Tape ketan hijau (Foto : Instagram) JAKARTA, iNews.id - Makanan fermentasi ini biasanya muncul jika ada acara pesta atau Hari Raya. Biasanya, tape ketan memiliki banyak macam jenisnya. Disajikan dengan daun pisang, daun jambu. Tape ketan adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan ketan yang diolah secara fermentasi.


EmoticonEmoticon