Kamis, 25 Agustus 2016

Pengertian kurap, Gejala, dan cara Pengobatannya

Penyakit Kurap adalah satu penyakit kulit menular yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit. Masa infeksi kurap hingga terkena penyakit adalah beberapa hari. Gejala kurap adalah terdapat bagian kecil yang kasar pada kulit dengan dikelilingi lingkaran merah muda. Kurap dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita maupun secara tidak langsung (melalui pakaian misalnya). Vektor penyakit biasanya adalah anjing dan kucing. Kurap dapat dicegah dengan mencuci tangan dengan sempurna, menjaga kebersihan tubuh, dan menghindari kontak dengan penderita.
Penyakit Kurap
Gejala utama kurap yang paling mudah dikenali adalah munculnya ruam kemerahan yang berbentuk cincin dengan garis luar yang tidak beraturan. Ruam ini terasa bersisik dan gatal. Lingkaran ruam kurap juga dapat melebar dan muncul di bagian tubuh mana saja. Jika tingkat keparahannya meningkat, ruam tersebut akan membentuk benjolan dan melepuh.

Jamur Pada Tubuh Bagian Atas
Beberapa gejala yang muncul pada kurap yang menyerang tubuh adalah ruam merah berbentuk lingkaran pada kulit. Ruam tampak merah karena kulit yang terinfeksi sedang mengalami iritasi, sementara kulit di bagian dalamnya bisa tampak biasa.
Tingkat gejala ini dapat bertambah parah dan menyebabkan cincin bertambah banyak, melebar, lalu menggabungkan diri. Garis lingkarannya juga bisa terasa menonjol dan kulit di bawah ruam terasa gatal sebelum muncul luka melepuh dan bernanah di sekitar garis lingkaran.

Jamur Pada Kulit kepala

Gejala-gejala umum yang terjadi pada kurap di kulit kepala meliputi munculnya area kecil yang bersisik pada kulit yang terasa perih, terbentuknya pitak akibat kerontokan, serta kulit kepala yang gatal. Tetapi jika bertambah parah, biasanya akan muncul luka kecil bernanah dan sisa luka yang mengeras. Terkadang juga muncul kerion, luka besar yang bengkak. Luka ini dapat mengeluarkan nanah dan menyebabkan penderita demam serta mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.

Jamur Pada Bagian Tubuh Lain
Selain tubuh dan kulit kepala, kurap juga dapat tumbuh di kaki, selangkangan, dan kuku.
Kurap yang muncul di selangkangan akan menimbulkan ruam merah kecokelatan. Ruam ini akan terasa gatal dan bisa muncul pada paha bagian dalam dan sekitar bokong. Kulit yang teriritasi juga dapat bersisik dan terkelupas. Pada sekitar lingkaran ruam, luka melepuh dan bernanah juga bisa terbentuk.
Sementara kurap yang menyerang kaki akan menyebabkan ruam yang gatal, kering, dan terkelupas di antara jari kaki. Pada kasus yang parah, gejalanya dapat meliputi kulit pecah-pecah di bagian yang terinfeksi serta kulit bersisik pada tumit dan sisi kaki. Selain perubahan tekstur kulit, jenis kurap ini dapat menyebabkan luka melepuh, serta sensasi terbakar atau perih pada kulit.
Kurap pada selangkangan dan kaki terkadang bisa terjadi secara bersamaan. Hal ini dapat terjadi karena penderita biasanya tidak sengaja memindahkan spora jamur dari kaki ke selangkangan atau sebaliknya, misalnya saat memakai celana atau ke toilet.
Jika muncul di kuku, kurap akan menyebabkan kuku menebal, berubah warna, menjadi rapuh, dan mudah copot. Bagian tepi kuku juga terkadang bisa terasa perih akibat iritasi.
Langkah pengobatan untuk kurap tergantung kepada jenis dan tingkat keparahan, tapi umumnya memerlukan penanganan sendiri sekaligus obat-obatan antijamur.

Langkah Perawatan di Rumah

Untuk mempercepat kesembuhan, kurap membutuhkan perawatan sederhana di rumah. Langkah perawatan ini bisa dilakukan dengan:
  • Mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut seperti katun agar tidak memperparah iritasi kulit.
  • Membersihkan bagian yang terinfeksi secara teratur dan menjaganya agar tetap kering.
  • Mengganti dan mencuci pakaian, handuk, seprai sesering mungkin selama terinfeksi.

Obat Antijamur

Jika mengidap kurap pada tubuh bagian atas dan selangkangan, Anda dapat mengatasinya dengan krim, salep, atau obat semprot antijamur. Obat-obatan ini bisa didapat di apotek terdekat dan tidak membutuhkan resep dokter.
Tetapi jika Anda mengalami gejala-gejala yang tidak kunjung sembuh setelah diobati selama 10-14 hari, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter karena Anda mungkin membutuhkan tablet antijamur. Jenis obat minum yang biasanya diberikan dokter adalahterbinafine, griseofulvin atau itraconazole. Tetapi konsumsi itraconazole tidak dianjurkan untuk anak-anak, manula, dan penderita gangguan hati.
Tablet terbinafine dan griseofulvin juga digunakan untuk mengobati kurap di kulit kepala, tapi harus dikombinasikan dengan sampo antijamur. Penggunaan sampo antijamur bukan untuk menyembuhkan, melainkan untuk mencegah penyebaran infeksi sehingga membantu proses kesembuhan.
Begitu juga dengan kurap di kuku, penderita dianjurkan untuk mengatasi penyakit ini dengan konsumsi tablet antijamur atau/dan kuteks antijamur.

 Baca Artikel Kesehatan Lainnya di ==> SINI <==

1 komentar so far

Ooo gini perbedaan gejalannya...


EmoticonEmoticon