Minggu, 20 Januari 2019

Resep: Yummy 14. Ayam lengkuas atau nasu manu lekku khas bugis

14. Ayam lengkuas atau nasu manu lekku khas bugis. Resep Ayam Lengkuas Bugis (Nasu Manu' Lekku'). Nasu Manu Likku atau Ayam Masak Lengkuas adalah salah satu masakan khas masyarakat Bugis yang turun temurun. Ayam lengkuas atau nasu manu lekku khas bugis enak lainnya.

14. Ayam lengkuas atau nasu manu lekku khas bugis Resep Masakan Ayam Lengkuas Bugis NASU LEKKU' MANU' Firman Baharuddin. Menu Ayam Masak Lengkuas Resep Emak Ala Putri bougez. Ayam Goreng Lengkuas atau disini kami menyebutnya Nasu Likku bukan sekedar masakan tradisional. Kalian dapat Membuat 14. Ayam lengkuas atau nasu manu lekku khas bugis dengan menggunakan 11 bahan dan 5 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya yaitu 14. Ayam lengkuas atau nasu manu lekku khas bugis

  1. Kamu bisa 600 gr dari ayam.
  2. Kamu dapat 200 gr dari lengkuas, parut.
  3. Kamu bisa 800 ml dari santan segar.
  4. Kamu siapkan 3 batang dari sereh, geprek.
  5. Kamu dapat 1/2 sdm dari kunyit bubuk.
  6. Kamu dapat 4 sdm dari kelapa sangrai, tumbuk halus.
  7. Kamu dapat dari Bumbu halus:.
  8. Kamu dapat 5 siung dari bawang merah.
  9. Kamu siapkan 3 siung dari bawang putih.
  10. Kamu siapkan 1 ruas dari jahe.
  11. Kamu bisa secukupnya dari Garam.

Nasu manu' lekku mengandalkan rasa gurih santan dan aroma khas lengkuas. Untuk membuat masakan beraroma khas lengkuas ini, nasu manu' lekku wajib menggunakan daging ayam kampung. Selain dagingnya yang legit, saat dimasak atau direbus dalam waktu yang lama pun daging ayam kampung tidak akan mudah lepas dari tulangnya. Pada tulisan sebelumnya telah dibahas tentang Burasa' dan Nasu Manu' Lekku sebagai menu khas lebaran masyarakat Bugis Makassar.

14. Ayam lengkuas atau nasu manu lekku khas bugis langkah-langkah

  1. Siapkan bahan-bahan.
  2. Parut lengkuas, haluskan bumbu. Semuanya serba manual yah Mak 😁.
  3. Lumuri ayam dengan bumbu halus + lengkuas + kunyit + kelapa sangrai.
  4. Didihkan santan bersama sereh sampai mengeluarkan minyak, masukkan ayam yang sudah dilumuri bumbu. Masak sampai santan mengering lalu koreksi rasa..
  5. Nahh jika dirasa sudah pas, silahkan disajikan bersama buras, nasi atau songkolo yah Mak 😍.

Tulisan kali ini membahas tentang Tumbu'-tumbu dan Leppe'-leppe' yang juga merupakan menu khas lebaran bersama Burasa'. Ayam lengkuas atau nasu manu lekku khas bugis enak lainnya. Selain makanan, masyarakat bugis juga memiliki minuman khas yang bisa kamu coba. Sarabba terdiri dari rempah-rempah jahe, gula merah, kuning telur dan santan. Minuman ini sangat pas dinikmati ketika cuaca dingin karena dapat menghangatkan tubuh.


EmoticonEmoticon