Selasa, 12 Maret 2019

Bagaimana Mempersiapkan Kekinian [81] Nasi Tutug Oncom Khas Sunda

[81] Nasi Tutug Oncom Khas Sunda. Cuci bersih lalu iris bawang merah & bawang putih. Tahap Nasi tutug oncom yang jadi legenda makanan khas Nusantara. Kuliner yang satu ini tuh unik banget.

[81] Nasi Tutug Oncom Khas Sunda Nasi tentu saja artinya nasi, tutug punya arti ditumbuk, sedangkan oncom ya oncom. Nasi Tutug Oncom Khas Sunda Begini Resep Masaknya. Bagi sebagian orang indonesia, khususnya yang berasal dari tanah sunda jawa barat, oncom, merupakan salah satu makanan khas yang sulit untuk dapat dilupakan rasa nikmatnya. dapat Memasak [81] Nasi Tutug Oncom Khas Sunda dengan menggunakan 9 bahan dan 3 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya yaitu [81] Nasi Tutug Oncom Khas Sunda

  1. Kamu siapkan dari oncom.
  2. Kamu bisa dari daun kemanggi.
  3. Kamu bisa dari bawang merah.
  4. Kamu dapat dari bawang putih.
  5. Kamu siapkan dari minyak goreng.
  6. Kamu siapkan dari Garam.
  7. Kamu dapat dari Lada putih.
  8. Kamu dapat dari Kaldu jamur.
  9. Kamu siapkan dari nasi putih.

Nasi Tutug Oncom, resep klasik masakan Sunda yang bisa jadi belum banyak yang mengetahuinya. Maklum, karena popularitas nasi uduk ataupun nasi putih biasanya seperti masih menjadi pilihan banyak orang Indonesia. Padahal, nasi yang ditanak bersama oncom ini menghasilkan cita rasa yang sangat khas dan bakal membuat siapapun ingin tambah terus! Sambal nasi tutug oncom ini dikenal oleh masyarakat Sunda sebagai "goang".

[81] Nasi Tutug Oncom Khas Sunda instruksinya

  1. Siapkan bahan-bahan bumbunya. Cuci bersih lalu iris bawang merah & bawang putih. Untuk daun kemanggi, ambil daun nya saja..
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbunya. Bila sudah harum, masukan oncom dan daun kemanggi. Aduk merata, tambahkan garam, lada dan kaldu jamur secukupnya. Aduk kembali, dan icip rasa..
  3. Jika sudah pas rasanya, masukan nasi putih hangat dan aduk dengan oncom yang sudah kita masak. Aduk hingga merata. Nasi tutug oncom siap di sajikan, tambahkan menu lain seperti telur dan baso goreng agar lebih nikmat. Selamat mencoba!.

Ikan asin serta tempe dan tahu juga tidak boleh terlewat dari menu nasi tutug oncom ini. Di Tasikmalaya, nasi tutug oncom atau TO ini menjadi menu primadona oleh para pecinta kuliner tradisional. Tetap semangat memasak terus yah jangan pernah nyerah. Makanan Khas Sunda yang satu ini sudah pasti beraroma tradisional. Nasi Tutuk Oncom atau orang Sunda menyebutnya dengan Sangu Tutug Oncom, yang disingkat dengan T.


EmoticonEmoticon