Jumat, 22 Maret 2019

Resep: Lezat 248) Sambal Oncom Kencur

248) Sambal Oncom Kencur. Lihat juga resep Sambal Kencur/Sambal Cikur enak lainnya. Sambal oncom begitu populer di wilayah Jawa Barat. Hampir seperti tempe, bedanya oncom terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diberi ragi.

248) Sambal Oncom Kencur Campurkan oncom yang sudah ditumbuk kasar dengan kencur, gula merah dan Kobe Bumbu Poll Pedas. Aduk-aduk lalu masukkan daun salam, sereh. Tidak lengkap rasanya apabila makan tanpa sambal. dapat Menghidangkan 248) Sambal Oncom Kencur dengan menggunakan 8 bahan dan 4 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya yaitu 248) Sambal Oncom Kencur

  1. Kamu dapat dari oncom (saya: 1 papan).
  2. Kamu siapkan dari kencur.
  3. Kamu dapat dari cabe rawit ijo (saya: 2 cabe rawit merah).
  4. Kamu bisa dari bawang putih (tambahan dari saya).
  5. Kamu siapkan dari Penyedap rasa (saya: 1/4 sdt kaldu jamur totole).
  6. Kamu dapat dari garam (tambahan dari saya).
  7. Kamu siapkan dari daun bawang/kucai (saya: 1 batang, iris-iris).
  8. Kamu dapat dari Minyak untuk menumis (saya: 1 sdm).

Karena kebetulan tinggal di Bandung , mau tidak mau harus mencicipi membuat sambal yang satu ini dengan cara tanya ke tukang sayur yang asli orang Sunda. Kali ini saya recook resepnya mbak Ima #Bunda Rayyan. Ini resepnya simple dan cepet bikinnya. Cocok buat yg gak ada waktu lama di dapur kayak saya 😁.

248) Sambal Oncom Kencur instruksinya

  1. Haluskan bawang putih, kencur dan cabe rawit. Sisihkan..
  2. Siapkan oncom, remas2 hingga hancur. Sisihkan..
  3. Tumis bumbu halus hingga wangi. Tambahkan daun bawang, aduk hingga layu. Masukkan oncom, aduk rata. Beri garam dan bubuk kaldu jamur, aduk rata, cicipi..
  4. Sajikan hangat bersama nasi panas. Yummy 😋😋..

Tapi rasanya enak banget lho 👍😋. Haluskan cabai rawit, cabai keriting, kencur, bawang putih. Siapkan wadah ukuran sedang sedang, masukkan nasi putih lalu masukkan tumisan oncom. Aduk rata hingga nasi tercampur dengan oncom, cetak nasi. Seperti namanya, sambal oncom tentunya menggunakan oncom dan cabai rawit sebagai bahan utamanya.


EmoticonEmoticon