Senin, 04 Maret 2019

Resep: Lezatos Bumbu pecel/gado gado/karedok/sate

Bumbu pecel/gado gado/karedok/sate. Hidangan karedok, sayuran dengan bumbu kacang khas Sunda. (Foto: Shutterstock) Karedok atau salad asal tanah Sunda, Jawa Barat, ini berbeda dengan pecel dan gado-gado. Lihat juga resep Bumbu pecel sambel kacang enak lainnya. Inibaru.id - Bukan orang Indonesia namanya kalau nggak pernah mencicipi setidaknya salah satu dari pecel, gado-gado, lotek, atau karedok.

Bumbu pecel/gado gado/karedok/sate Nggak hanya sama-sama berbahan dasar sayuran, keempat makanan ini juga disiram dengan saus kacang sehingga bisa menggoyang lidah. JAKARTA, KOMPAS.com - Ketiga hidangan ini sama-sama menyajikan sayuran yang disiram bumbu kacang. Sepintas terlihat sama, tetapi karedok, gado-gado, dan pecel adalah hidangan yang berbeda. dapat Mempersiapkan Bumbu pecel/gado gado/karedok/sate dengan menggunakan 10 bahan dan 5 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya adalah Bumbu pecel/gado gado/karedok/sate

  1. Kamu siapkan dari kacang tanah (goreng).
  2. Kamu siapkan dari gula Jawa.
  3. Kamu bisa dari garam dan gula.
  4. Kamu bisa dari Bumbu halus.
  5. Kamu bisa dari bawang putih.
  6. Kamu bisa dari cabai merah.
  7. Kamu dapat dari cabe rawit.
  8. Kamu dapat dari daun jeruk.
  9. Kamu siapkan dari kencur.
  10. Kamu dapat dari asam jawa.

Ahli gastronomi dari Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito menjelaskan perbedaan mendasar dari ketiga hidangan yang kaya gizi ini. Walau sekilas sama mereka sebenarnya berbeda lho, yuk simak apa bedanya Gado-gado, Karedok, dan Pecel. Gado-gado merupakan makanan asal Indonesia berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan. Encerkan bumbu pecel dengan air secukupnya dan sajikan bersama sayuran rebus.

Bumbu pecel/gado gado/karedok/sate instruksinya

  1. Setelah di goreng tunggu hingga dingin, haluskan semua kacang tanah.
  2. Saya menghaluskan semua bumbu dengan blender, jd bahan2 yang di haluskan ditambah dengan air.
  3. Surutkan air dalam bumbu menggunakan penggorengan tanpa minyak, masuk kan juga gula Jawa, gula pasir dan garam, koreksi rasa.
  4. Masuk kan kacang tanah yg telah dihaluskan, aduk hingga rata dan matang.
  5. Tunggu hingga dingin, simpan dalam wadah dan masuk kan ke dalam kulkas (bisa bertahan sampe berbulan2 di kulkas).

Resep Bumbu Kacang Gado-gado ©Creative Commons/Takeaway. Bumbu gado-gado umumnya dibuat untuk langsung disajikan. Karedok merupakan campuran sayur-sayuran yang dibuat bersama bumbu kacang. Sayuran yang biasanya digunakan adalah kol, tauge, terong bulat hijau, kacang panjang, dan mentimun. Boleh dibilang karedok adalah salad khas Sunda.


EmoticonEmoticon