Selasa, 18 Juni 2019

Resep: Lezat Sambal Terasi Tahan Lama

Sambal Terasi Tahan Lama. Saat makan pastinya sambel jadi menu wajib karena males ngulek setiap hari jadi bikin stock sambal. Sambel terasi juga bisa bertahan di suhu ruangan walau waktunya gak lama seperti di kulkas tapi lumayanlah. Ini sudah dicoba pembuatannya dari hari kamis malam sampai minggu pagi masih tetap enak..

Sambal Terasi Tahan Lama Sempet penasaran dgn sambal terasi kemasan bermerk yg tahan lama, jd pengen bikin biar g bolak balik ngulek 😁 Akhirnya setelah bbrp trial, paling cocok dgn ini. Fimela.com, Jakarta Ingin makan setiap hari dengan sambal terasi tapi nggak mau repot memasaknya setiap hari? Coba bikin dalam jumlah banyak sekalian untuk stok. dapat Mempersiapkan Sambal Terasi Tahan Lama dengan menggunakan 14 bahan dan 6 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya yaitu Sambal Terasi Tahan Lama

  1. Kamu bisa dari bawang putih, potong.
  2. Kamu bisa dari bawang merah, potong.
  3. Kamu dapat dari kemiri, geprek.
  4. Kamu dapat dari cabai rawit.
  5. Kamu bisa dari cabai kering, rendam air hangat atau 10-15 cabai merah.
  6. Kamu siapkan dari tomat.
  7. Kamu bisa dari terasi.
  8. Kamu dapat dari serai.
  9. Kamu bisa dari daun salam.
  10. Kamu siapkan dari minyak.
  11. Kamu bisa dari air.
  12. Kamu siapkan dari gula merah.
  13. Kamu bisa dari garam.
  14. Kamu siapkan dari penyedap.

Untuk membuat sambal terasi yang tahan lama pun tidak terlalu sulit. Kunci pentingnya adalah membuat sambal terasi matang. Semua bahan yang digunakan perlu digoreng terlebih dahulu. Gak Perlu Pengawet, Ternyata Ini Cara Mengakali Sambal Agar Tahan Lama! #MasakItuGampang Yang pasti menghemat pengeluaran!

Sambal Terasi Tahan Lama langkah-langkah

  1. Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, dan kemiri lalu goreng hingga setengah kering..
  2. Masukkan terasi, aduk-aduk..
  3. Masukkan cabai rawit dan cabai kering, goreng sebentar kemudian blender sesuai tingkat kehalusan yang diinginkan..
  4. Tumis lagi sambal dengan daun salam dan serai hingga wangi dan minyaknya terpisah dari bumbu kemudian tambahkan air dan bumbui dengan gula merah, garam, dan penyedap..
  5. Gunakan api sedang lalu masak hingga air susut atau sampai minyak dan bumbunya terpisah kembali..
  6. Sambal terasi siap disajikan atau disimpan dalam wadah tertutup..

Untuk kita yang suka sekali dengan makanan pedas, pasti kudu bin wajib ya punya sambal di rumah untuk persediaan saat makan.. Demikian tips agar sambal buatan sendiri tahan lama. Sambal di Indonesia sangat bermacam-macam mulai dari sambal mentah, sambal matang, beraroma bawang, tomat, terasi dan sebagainya. Sambal cocok menjadi teman lalap sayur, lauk gorengan atau dipadukan dengan makanan lain menjadi sambal goreng seperti balado. Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube.


EmoticonEmoticon