Kamis, 31 Oktober 2019

Resep: Sempurna Kuah sate opak

Kuah sate opak. Karena selain untuk sate, di padang kuah ini juga sering dibikin terpisah untuk pendamping opak. Dulu waktu jadi perantau, setiap kali pulang slalu minta dibikinin ini sama mama. Kerupuk (opak) dengan kuah sate + setumpuk mie di atasnya.

Kuah sate opak Lihat juga resep Peyek Opak Kacang Hijau enak lainnya.. Lebih terkenal dengan nama kerupuk kuah sate 🤭. Mungkin saat disajikan kuah sate baleak (berantakan) sehingga diberi nama seperti itu. dapat Memasak Kuah sate opak dengan menggunakan 7 bahan dan 5 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya adalah Kuah sate opak

  1. Kamu siapkan 3 siung dari Bawang merah.
  2. Kamu siapkan 2 siung dari bawang putih.
  3. Kamu siapkan 1,4 dari cabe merah.
  4. Kamu siapkan secukupnya dari Kunyit.
  5. Kamu bisa dari Lengkuas.
  6. Kamu bisa dari Daun bawang.
  7. Kamu bisa dari Tepung beras.

Kerupuk ini terbuat dari singkong (opak) dan ada yang dari adonan tepung terigu. Opak khas Banten memiliki perpaduan rasa dengan olahan hasil laut sehingga lebih enak dan gurih rasanya. Opak Banten juga terbuat dari dua bahan utama yakni bisa dengan tepung beras ketan atau tepung tapioka. Adonan opak Banten juga dibuat lebih lembut dan halus sehingga tidak memiliki tekstur kasar diatasnya ketika digoreng.

Kuah sate opak langkah-langkah

  1. Haluskan semua bumbu kec lengkuas.
  2. Tumis hingga harum masukkan semua bumbu dan cabai.
  3. Setelah harum masukkan air secukupny.
  4. Jika air dan bumbu sudah mendidih masukkan tepung sedikit demi sedikit, beri garam lalu haduk dan kekentalan kuah sesuai selera anda.
  5. Siaaap disajikan.

Bumbu untuk membuat kuah sate bebek antara lain ialah gula merah, ketumbar, kemiri, kunyit, lada hitam, serai, dan beberapa bahan lainya. Bumbu rempah yang meresap ke dalam daging bebek tersebut membuat sate bebek cibeber tak membutuhkan bumbu kecap atau kacang tambahan. Kembali ke Banten Selatan, ada satu panganan khas yang bernama opak.. Bedanya, bahan utama yang digunakan adalah daging bebek yang dikombinasi dengan kuah tepung atau kacang yang diracik dari berbagai bumbu pilihan. Bumbu untuk membuat kuah sate bebek antara lain gula merah, ketumbar, kemiri, kunyit, lada hitam, serai, dan beberapa.


EmoticonEmoticon