Minggu, 10 November 2019

Resep: Yummy Kerupuk, Opak Ubi

Kerupuk, Opak Ubi. Lihat juga resep Kerupuk Ubi / Rubik Balado enak lainnya. KERUPUK NASI SISA TANPA OBAT [NO BLENG] Cari produk Kerupuk lainnya di Tokopedia.

Kerupuk, Opak Ubi Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Kerupuk Ubi (Opak/ Kerupuk Kamang) Home Made Kerupuk Ubi. Assalamualikum Semua jumpa lagi Sudah lama sekali blog saya ini tidak saya otak atik dengan resep baru, kebetulan hari minggu kemarin saya ingin sekali makan kerupuk ubi, apalagi kalau di campur dengan cabe giling, pedas dan sangat enak sekali, yummyyyy. Netizen dapat Mempersiapkan Kerupuk, Opak Ubi dengan menggunakan 6 bahan dan 3 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya ialah Kerupuk, Opak Ubi

  1. Kamu dapat 1/4 sdm dari Kunyit bubuk.
  2. Kamu siapkan secukupnya dari Seledri.
  3. Kamu dapat secukupnya dari Bw. Prai.
  4. Kamu siapkan 2 siung dari Bawang putih, haluskan.
  5. Kamu siapkan secukupnya dari Garam.
  6. Kamu dapat secukupnya dari Minyak goreng.

Keunggulan kerupuk opak dibanding dengan kerupuk yang lainnya adalah kerupuk opak dibuat langsung dari ubi kayu sehingga kadar seratnya masih tinggi, sedang kerupuk dengan bahan baku pati tidak mengandung serat makan. Kelemahan utama dari kerupuk opak adalah rendahnya kadar protein, sehingga nilai gizinya rendah, selain itu rasa kerupuk opak. Kerupuk seperti ini enak untuk dijadikan sebagai camilan karena memiliki rasa yang sangat gurih, selain itu opak singkong juga memiliki beberapa sebutan lain. Kehidupan sederhana Abah, Emak, dan ketiga putrinya di Sukabumi membuat orang kagum, sekaligus terinspirasi.

Kerupuk, Opak Ubi instruksinya

  1. Kupas dan Cuci bersih ubi. Parut dan peras (agar tidak terlalu banyak air yang terkandung di ubi)..
  2. Haluskan bawang putih, iris seledri, bw. Prai, masukkan ke parutan ubi, beri sedikit kunyit, garam, aduk rata. Ambil piring aluminium, gunakan bagian bawahnya sebagai cetakan. Pipihkan adonan sesuai bentuk bagian piring, kukus selama 5 menit. Angkat dan lepas dari cetakan pelan pelan. Letakkan ke plastik, susun..
  3. Keringkan opak, menggunakan panas sinar matahari kira kira 3 hari atau 5 hari (tekstur sperti kerupuk kering gt😇). Goreng dan tiriskan. Selamat menikmati..

Tak hanya pesan moral dan cinematografinya saja yang kece, Keluarga Cemara juga menampilkan beberapa makanan khas Sunda. Salah satunya opak yang menjadi ikon film ini. Opak Singkong adalah makanan camilan sejenis kerupuk yang berasal dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Pada awalnya opak singkong berasal dari Desa Kalibeber, Kecamatan Mojotengah namun sekarang sudah banyak desa lain yang juga membuat opak. Opak Singkong rasanya gurih, terbuat dari singkong (ubi kayu) kukus, garam dan daun kucai.


EmoticonEmoticon