Jumat, 09 Oktober 2015

Penyebab sakit gigi serta cara antisipasinya lengkap

Salam sejahtera untuk kita semua.Kali ini saya akan share tentang penyebab sakit gigi.
gejala sakit gigi bisa terjadi oleh berbagai hal. Maka dari itu saya akan jelaskan mengenai

Sakit gigi
gejala-gejala datang nya sakit gigi serta cara antisipasi nya. Karena saat kita sakit gigi itu membuat temprament diri kita menjadi labil, bisa menjadi marah-marah ga jelas,pusing,bahkan membuat pandangan kita menjadi kabur.
sakit gigi bisa di sebabkan berbagai macam hal antara lain adalah sebagai berikut :

A. Radang Gusi
Radang gusi biasanya disebabkan karena infeksi yang disebabkan oleh berbagai hal seperti : 
  • malas gosok gigi atau gigi yang kotor dan banyak kuman
  •  kurang minum air putih, menyikat gigi terlalu keras
  • masalah pada tulang gigi yang menyebabkan jaringan penyongkong gigi bengka
    Untuk mengatasinya biasakan menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari terlebih setelah makan dan sebelum tidur, minum air putih yang cukup, hindari menggunakan tusuk.



B. Gigi Berlubang
Gigi berlubang cenderung memiliki banyak kuman dan bakteri yang dapat merusak dan menyebabkan sakit gigi. Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh bakteri dari hasil fermentasi karbohidrat. Untuk mencegah hal ini terjadi rajinlah membersihkan gigi dan mulut terlebih setelah mengkonsumsi makanan manis. Untuk mengatasinya segera melakukan penambalan gigi walaupun lubang tersebut masih berukuran kecil. Sebab, kemungkinan besar lubang akan semakin besar dan mengalami pembusukan sehingga dapat menembus email gigi dan merusak bagian dalam gigi.

C. Kawat Gigi
Bagian bawah kawat gigi atau bagian logamnya sulit dijangkau untuk dibersihkan sehingga memicu bakteri tumbuh dan menimbulkan karang yang merusak gigi dan memicu sakit gigi. Untuk mengatasinya rajin membersihkan gigi dan menggunakan obat kumur untuk membunuh kuman di mulut, jika keadaan parah segera konsultasikan dengan dokter gigi anda.

D. Gigi Rusak
Terjadi karena gigi berlubang yang sudah menembus email gigi sampai pada lapisan dalam gigi. Rongga yang berlubang tersebut dipenuhi oleh kuman dan bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi bahkan sampai mematikan jaringan pulpa dan di beberapa kasus menimbulkan nanah. Untuk mengatasinya rajin membersihkan gigi dan gunakan obat kumur bila perlu. Disarankan anda segera menambal gigi yang berlobang untuk mencegak kuman masuk atau konsultasikan dengan dokter gigi anda.

E. Penyakit Neuralgia Trigeminal
Sakit gigi yang disebabkan oleh penyakit saraf trigeminus dimana rasa nyerinya dapat timbul di telinga, mata, bibir, hidung, kulit kepala, dahi, pipi, gigi, atau rahang dan sisi wajah. Penyakit ini tidak mudah dikendalikan namun dapat ditangani dengan sejumlah cara pengobatan oleh dokter saraf.

F. Penyakit Sinusitis
Penyakit sinusitis disebabkan karena peradangan pada rongga hidung. Salah satu gejala kambuhnya penyakit ini adalah dengan sakit gigi. Untuk mengatasi sakit gigi ini dengan mengobati penyakit sinusitisnya. Bukan berarti bahwa semua sakit gigi memiliki resiko sinusitis. Tapi ketika anda menderita sinusitis, ada kemungkinan untuk terjadi sakit gigi.

G. Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Herbal
Jika anda mengalami sakit gigi yang sangat mengganggu ada beberapa obat herbal yang bisa anda gunakan dalam keadaan darurat di antaranya adalah:
  • Bawang putih : Letakkan satu siung bawang putih yang telah dikupas pada gigi yang sakit, didiamkan selama ± 5 menit lalu kumur dengan air hangat
  • Daun Cengkeh : Seduh dengan air mendidih beberapa lembar daun cengkeh, Basahi kapas dengan air seduhan tersebut dan tempelkan pada gigi yang sakit
  • Air garam : kumur-kumur dengan air hangat yang dicampur garam

nah bagai mana setelah membaca artikel tersebut? sekarang jadi tahu kan apa saja penyebab sakit gigi serta cara antisipasinya.
semoa artikel ini dapat membantu para pembaca semuanya.

Baca juga artikel contoh Makanan yang menyehatkan gigi dan gusi di ===> SINI <===

Serta artikel kesehatan lain nya di ===> SINI <===

3 komentar

ane biasa ketiduran gan jd ndk sikat gigi malam,, :/

ane biasa ketiduran gan jd ndk sikat gigi malam,, :/

biasakan mulai sekarang ^_^
ketika gigi sehat, asupan makanan pun lebih enak terasa di banding ketika kita sakit gigi .. :)


EmoticonEmoticon