Rabu, 30 Januari 2019

Resep: Enak Combro (oncom dijero)

Combro (oncom dijero). Combro atau "oncom dijero" biasa dihidangkan dengan cabai rawit. Di sini saya tidak memasukkan banyak aneka bumbu untuk isiannya, agar rasa khas oncomnya tidak hilang. Hayooo siapa yang ga kenal si combro ini?

Combro (oncom dijero) Combro(oncom dijero) Rita Alfa Noer Palembang. Combro (oncom dijero) Combro adalah makanan khas dari jawa barat, Combro merupakan singkatan dari oncom di jero yang artinya oncom di dalam. isian oncom nya aku pakai tambahan kemangi , serai dan kencur yang membuat rasanya semakin nikmat dan bikin nagih untuk dimakan 🤤🤤 (Takaran cabai nya bisa ditambahkan lagi sesu. KOMPAS.com - Comro atau biasa disebut combro adalah camilan gurih khas Sunda dengan isian berupa tumisan oncom yang gurih dan pedas. Kalian dapat Mempersiapkan Combro (oncom dijero) dengan menggunakan 12 bahan dan 5 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya yaitu Combro (oncom dijero)

  1. Kamu bisa dari singkong besar (diparut).
  2. Kamu bisa dari oncom (haluskan).
  3. Kamu bisa dari cabe merah.
  4. Kamu bisa dari cabai rawit.
  5. Kamu dapat dari bawang putih.
  6. Kamu siapkan dari bawang merah.
  7. Kamu bisa dari serai.
  8. Kamu siapkan dari kencur.
  9. Kamu bisa dari daun kemangi.
  10. Kamu bisa dari gula pasir.
  11. Kamu dapat dari garam.
  12. Kamu dapat dari penyedap rasa (tidak wajib).

Sementara bagian luarnya adalah adoann singkong parut yang empuk tapi renyah di luar. Baca juga: Sejarah Oncom khas Jawa Barat, Olahan Sisa Bahan Makanan Comro sendiri merupakan singkatan dari kata oncom dijero, yang artinya oncom di bagian dalam. Combro merupakan singkatan dari oncom dijero, artinya oncom didalam. Iya, makanan ini memang punya isian dari oncom yang sudah dibumbui.

Combro (oncom dijero) instruksinya

  1. Kupas singkong dari kulitnya cuci sampai bersih, setelah itu parut singkong kemudian singkong diperas buang airnya (gunakan kain bersih supaya mudah).
  2. Haluskan bumbu : bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit,kencur, dan serai lalu beri garam dan gula pasir (jangan lupa koreksi rasa).
  3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan, jika bumbu sudah mengeluarkan wangi masukkan daun kemangi dan oncom yang sudah dihaluskan tumis hingga matang.
  4. Ambil 1 sendok makan adonan singkong dan isi dengan tumisan oncom lalu bentuk adonan menjadi bulatan lonjong.
  5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang kecoklatan, angkat lalu tiriskan.

Bentar dulu, buat yang belum tahu oncom itu apa. oncom adalah 'sodaranya' tempe yang merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai. Mempunyai bahan pokok singkong parut yang dibuat lonjong dengan isi sambel oncom dan selanjutnya digoreng. Karena itu orang-orang mengatakannya sbagai combro, akronim dari oncom dijero yang dalam bahasa Sunda bermakna oncom ada didalam. Combro dijuluki pula sebagai comro ataupun gemet. Combro yang berasal dari singkatan oncom dijero ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia.


EmoticonEmoticon