Sabtu, 19 Januari 2019

Resep: Enak Rengginang Terasi Udang

Rengginang Terasi Udang. Rengginang or ranginang is a kind of Indonesian thick rice cracker, made from cooked glutinous sticky rice and seasoned with spices, made into a flat and rounded shape, and then sun-dried. The sun-dried rengginang is deep fried with ample cooking oil to produce a crispy rice cracker. This cracker is quite different from other types of traditional Asian crackers such as the Indonesian krupuk.

Rengginang Terasi Udang Anda yang ingin menyantap rengginang saat ini bisa membelinya dalam keadaan matang atau mentah. Tetapi kalau kepingin sendiri, ada resep rengginang terasi udang yang bisa dicoba. Pertama kali bikin rengginang terasi, rasanya gurih banget. dapat Menghidangkan Rengginang Terasi Udang dengan menggunakan 4 bahan dan 4 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya ialah Rengginang Terasi Udang

  1. Kamu siapkan 1 kg dari Beras Ketan.
  2. Kamu siapkan 10 siung dari bawang putih.
  3. Kamu bisa 1 sendok makan dari garam (secukupnya).
  4. Kamu siapkan 1 sendok makan dari terasi kukus.

Kalo ga ada terasi juga bisa diganti dengan ebi bubuk. Bisa juga terasinya di skip kalau tidak mau bau. Jangan terlalu banyak menggunakan terasi karena rengginang akan terlalu cokelat Saat menekan rengginang diatas tampah, jangan ditek. Ada jenis rengginang yang diberi rasa dengan udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).

Rengginang Terasi Udang instruksinya

  1. Cuci bersih beras ketan lalu rendam dengan air biasa selama 30 menit, lalu kukus beras ketan hingga setengah matang..
  2. Uleg bawang putih dan garam, jika sudah halus masukkan terasi (terasi bisa di keep jika tidak suka 😉) lalu tambahkan air 500ml.
  3. Beras ketan setengah matang, campurkan bumbu yang sudah dilarutkan dengan air. Jika bumbu sudah rata, kukus kembali beras ketan hingga matang. Jika sudah matang siap dibentuk sesuai selera..
  4. Jemur rengginang sampai kering, kurang lebih 2hari. Jika sudah kering bunda biarkan dingin dulu dan bisa langsung di goreng, sisanya bisa bunda simpan dengan pembungkus yang rapat dan ketika mau goreng tidak perlu bunda jemur kembali. Goreng dengan minyak panas dan api sedang ya bunda ☺.

Cara Membuat Kue Rengginang Terasi Renyah - Kue rengginang adalah salah satu makanan tradisional yang sangat khas dari Indonesia. Kue rngginang biasanya lebih dikenal dengan nama kerupuk rengginang. Kue ini memiliki rasa yang khas tersendiri terutama dari aroma terasi yang terdapat pada makanan ini. RENGGINANG Adalah salah satu makana cemilan tradisional terbuat dari padi ketan yang sudah di tanak hingga matang lalu dicetak atau dibentuk yang pada umumnya berbentuk bulat pipih dan diberi varian aneka rasa. Pada umumnya secara tradisional / sejarah awal Rengginang hanya mempunyai rasa Terasi dan Bawang.


EmoticonEmoticon