Rabu, 23 Januari 2019

Resep: Lezat Bugis Ketan Hitam

Bugis Ketan Hitam. Bubur ketan hitam, bubur pulut hitam or bubur injun is an Indonesian sweet dessert made from black glutinous rice porridge with coconut milk and palm sugar or cane sugar. The black glutinous rice are boiled until soft, and sugar and coconut milk are added. It is often described as "black glutinous rice pudding" and is very similar to black rice tong sui made from black rice.

Bugis Ketan Hitam Manis dan legit itlah kue bugis. Ya, hidangan kue tradisional yang dibuat dari bahan dasar tepung ketan serta isian kelapa yang dicampur dengan gula merah yang nikmat akan membawa sensasi yang berbeda dilidah anda, legit ketika digigit dan nikmatnya lelehan isian kelapa serta gula merah yang begitu istimewa. Kue bugis ketan hitam #jajanantempodoeloe Rencananya dibuat untuk potluck acara grup masakan NCC Cibubur hari ini tapi karena kangen si sulung yang baru mondok diasramanya sejak hari kamis, milih membawa kue ini buatnya. Anda dapat Membuat Bugis Ketan Hitam dengan menggunakan 13 bahan dan 4 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya ialah Bugis Ketan Hitam

  1. Kamu dapat dari Bahan kulit:.
  2. Kamu dapat 100 gr dari tepung ketan hitam.
  3. Kamu dapat 150 gr dari tepung ketan putih.
  4. Kamu bisa 50 gr dari tepung tapioka/sagu.
  5. Kamu dapat 1/2 sdt dari garam.
  6. Kamu dapat 225 ml dari santan (bisa pakai santan siap pakai kemasan kecil 65 ml + air).
  7. Kamu bisa dari Bahan isi (enten):.
  8. Kamu siapkan 100 gr dari gula pasir.
  9. Kamu dapat 200 gr dari kelapa parut 1/2 tua.
  10. Kamu dapat 1/2 sdt dari garam.
  11. Kamu dapat 1 lbr dari daun pandan.
  12. Kamu siapkan 50 ml dari air atau secukupnya.
  13. Kamu dapat dari Daun pisang untuk membungkus.

Cara membuat kue bugis ketan hitam betawi - Hallo sobat pecinta kue tradisional dimanapun anda berada, berjumpa lagi dengan saya admin koplak yang akan selalu menemani anda dalam keadaan apapun terutama untuk teman-teman saya yang ada di makassar dan juga betawi, sudah kayak penyiar radio saja nih saya hehe. Sobat tahu tentang suku bugis yang mayoritasnya berada di pulau sulawesi, tahu dong. Selain bugis ketan hitam ada juga nagasari yang sepertinya wajib ada di acara hajatan dan untuk resep nagasarinya silahkan lihat di sini ya. Ada banyak sekali resep kue bugis ketan hitam ini namun, untuk resep yang tehyung pakai ini merupakan resep keluarga dan tanpa menambahkan campuran kentang yang dikukus dan dihaluskan.

Bugis Ketan Hitam langkah-langkah

  1. Siapkan bahan isi (enten) dengan memasak kelapa parut, gula, garam dan daun pandan, beri sedikit air lalu aduk dan masak hingga saat/air habis. Sisihkan..
  2. Rebus santan dan garam dengan api kecil sampai mendidihkan. Sisihkan dan biarkan hangat..
  3. Siapkan tepung ketan putih, ketan hitam dan tapioka/sagu. Tuang santan hangat sedikit demi sedikit dan aduk sampai rata..
  4. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat dan pipihkan, lalu beri isi (enten) dan bungkus kembali berbentuk bulat. Bungkus kue bugis dengan daun pisang, berbentuk kerucut. Kukus selama 15-20 menit..

Resep cara membuat bugis ketan hitam yang enak #lukmanfamily #caramembuat #resep. Kue bugis ketan hitam ini termasuk dalam kategori resep kue basah yang cukup banyak peminatnya sehingga hingga hari ini masih cukup banyak yang ingin belajar cara bikin kue bugis ketan hitam ini. Resep kue tradisional dari bahan tepung ketan ini biasanya suka nongol ditempat hajatan atau saat ada selamatan tetangga. Bahasa Nasionalnya mungkin kue Bugis yah. Tp di daerah saya di Sumatera sana sebut lappet.


EmoticonEmoticon