Sabtu, 16 Februari 2019

Bagaimana Memasak Yummy Karedok segar

Karedok segar. Karedok merupakan campuran sayur-sayuran yang dibuat bersama bumbu kacang. Sayuran yang biasanya digunakan adalah kol, tauge, terong bulat hijau, kacang panjang, dan mentimun. Boleh dibilang karedok adalah salad khas Sunda.

Karedok segar Kerap disebut salad khas Indonesia, makanan ini memiliki penampilan yang mirip dengan gado-gado dan pecel. Hanya saja karedok lebih banyak menggunakan sayuran mentah, antara lain terong bulat dan kol segar. Cara Membuat Karedok Segar Nikmat Khas Sunda - Jenis makanan khas sunda yang langsung disaikan dalam kondisi mentah adalah karedok. Kalian dapat Membuat Karedok segar dengan menggunakan 14 bahan dan 4 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya ialah Karedok segar

  1. Kamu dapat dari kacang tanah goreng.
  2. Kamu siapkan dari air asam jawa matang/ 2 bh jeruk limo (me: air jeruk nipis).
  3. Kamu dapat dari toge.
  4. Kamu dapat dari kacang panjang.
  5. Kamu dapat dari terong lalab (me tdk pakai).
  6. Kamu siapkan dari ketimun.
  7. Kamu dapat dari daun kol.
  8. Kamu dapat dari kemangi petiki daunnya.
  9. Kamu dapat dari gula merah yg sudah diserut.
  10. Kamu dapat dari Garam.
  11. Kamu dapat dari kencur.
  12. Kamu dapat dari cabe rawit dan 2 cabe merah.
  13. Kamu dapat dari terasi matang.
  14. Kamu bisa dari air panas.

Makanan tradisional ini memiliki persamaan dengan lotek hanya saja lotek disajikan dengan sayuran yang sudah dipasak sebelumnya. Resep Karedok memang mirip gado-gado yang disantap dengan bumbu kacang. Hanya saja karedok identik diolah dengan tambahan kencur sebagai bumbu dasar. Tidak heran jika karedok memiliki citarasa khas yang beraroma rempah.

Karedok segar instruksinya

  1. Siapkan bahan dan cuci bersih sayuran yg dibilas dengan air matang tiriskan. Kemudian rajang jgn terlalu halus kecuali toge..
  2. Haluskan kacang dan air panas beserta bumbu2 tes rasa. Saya menggunakan blender kasar saja.
  3. Pindahkan bumbu yang sudah diblender dalam wadah yang bisa dipakai sebagai cobek. Masukan kacang panjang dan terong penyet2 menggunakan ulekan kemudian masukan air asam atau jeruk limo aduk rata kemudian masukan toge, kol, daun kemangi aduk rata kembali..
  4. Siap dihidangkan dengan nasi ngebul tempe tahu goreng atau ikan asin goreng.. walah.. nyamnyamlah.

Ada banyak cara untuk menikmati karedok, salah satunya, Anda bisa menambahkan toping telur rebus, taburan bawang goreng, dan. Karedok merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang sudah sangat terkenal sekali di kalangan masyarakat Indonesia. Karedok terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang dipadukan dengan rempah-rempah pilihan. Berbeda dengan kuliner lainnya, sayuran yang digunakan dalam menu keredok ini berasal dari sayuran mentah. Lihat juga resep Karedok, Karedok Biji Timun enak lainnya.


EmoticonEmoticon