Jumat, 08 Februari 2019

Resep: Lezat Sambal opak pedes manis

Sambal opak pedes manis. Traditional Indonesian Chili Sauce with hot and spicy blend of tomatoes, chilies, vinegar, sugar and spices. Lihat juga resep Sambal pedas manis u/ siraman ikan bakar enak lainnya. Indonesian Famous Traditional Chili Sauce with hot and spicy blend of tomatoes, chilies, vinegar, sugar and spices.

Sambal opak pedes manis Opak pedas manis ini sangat sesuai untuk para penyuka camilan pedas karena cita rasanya yang pedas. Sudah banyak yang menjual opak pedas manis manis ini dan harganya cukup terjangkau. Opak pedas manis ini memang dapat dijadikan sebagai bisnis. Kalian dapat Memasak Sambal opak pedes manis dengan menggunakan 15 bahan dan 9 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya adalah Sambal opak pedes manis

  1. Kamu bisa 15 lembar dari opak.
  2. Kamu bisa 20 buah dari cabe merah.
  3. Kamu bisa 7 buah dari cabe rawit.
  4. Kamu dapat 2 ons dari kacang tanah.
  5. Kamu siapkan 5 butir dari bawang merah.
  6. Kamu dapat 5 butir dari bawang putih.
  7. Kamu bisa dari gula merah setengah lingkar (secukupnya lah terserah).
  8. Kamu bisa 1 ruas dari jahe.
  9. Kamu siapkan 2 iris dari tomat.
  10. Kamu siapkan 1 lembar dari daun salam.
  11. Kamu dapat 1 kg dari minyak goreng.
  12. Kamu dapat secukupnya dari air.
  13. Kamu siapkan bila suka dari penyedap.
  14. Kamu bisa dari garam.
  15. Kamu dapat dari gula pasir.

Resep cara memasak masakan sambal goreng pedas manis mudah dan enak rasanya. Bumbu pedas sambal tempe goreng ini cukup mudah dan sederhana. Bunda bisa bikin tempe sambal goreng dengan bumbu halus maupun dengan bumbu iris sama enaknya. Tempe menjadi bahan utama berbagai macam resep masakan tradisional.

Sambal opak pedes manis langkah-langkah

  1. Goreng opak dengan minyak yg panas dan minyaknya harus banyak biar opak ngembang sempurna. gorengnya bentar aja karena opak mudah gosong.
  2. Goreng juga kacang tanahnya..
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya, tapi usahakan minyak agak banyak sedikit. karena ini sambal harus tekstur sambal kripik..
  4. Lalu tuangkan bahan yang sudah di belender, masukkan air setengah gelas. masukkan gula merah. lalu tunggu gula merah hancur..
  5. Taburkan garam, penyedap bila suka, merica bubuk, gula pasir secukupnya, masukkan daun salam..
  6. Masak hingga berubah warna jd merah kecoklatan dan kadar air berkurang. hingga yg terlihat hanya cabee dan minyak2nya. koreksi rasa ya say..
  7. Setelah matang, tunggu hingga sambal dingin tidak terasa panas lg..
  8. Lalu patah patahkan opaknya sesuai selera. kacang dan opak yang sudah di patah patahkan lalu di aduk rata di sambelnya..
  9. (ingat yaa, tekstur opak yang gampang loyo gak cocok di makan lama2). jadi kalau kira kira mau buat malam hari. silahkan simpan opak yang di goreng di dalam toples dan simpan sebagian sambalnya di mangkok terpisah. jika ingin makan baru di campur dengan sambalnya.

Lihat juga resep Ayam saos tomat pedas manis enak lainnya. Apalagi dalam cuaca sedang hujan, makan bakso dengan sambal memang menggoyang lidah. Tapi, daripada kita harus keluar rumah hanya untuk membeli bakso, coba bikin saja dengan citra rasa pedes tapi manis. Dikutip Okezone dari akun Instagram, @resep.sambal, berikut resep lengkap Bakso Pedas Manis. Customers who viewed this item also viewed.


EmoticonEmoticon