Minggu, 31 Maret 2019

Cara Mempersiapkan Yummy Nasi Timbel

Nasi Timbel. Nasi timbel is a traditional Indonesian rice dish originating from West Java. This extremely simple nasi dish is made with rice that's wrapped in a banana leaf, then steamed until tender. Nasi timbel is rarely eaten on its own - instead, it's served with various hot dishes and sides such as fried chicken, fried fish, tofu, tempeh, vegetables.

Nasi Timbel The heat of the hot-cooked rice touches the banana leaf and produces a unique aroma. It is made in ways similar to making lontong; compressed, rolled, and wrapped in banana leaves; it then evolves into a complete dish served with various side. Nasi timbel means cooked rice wrapped in banana leaves, and people would eat the rice with various side dishes such as fried chicken, sauteed vegetables, fried tofu & tempeh or fishes. Anda dapat Membuat Nasi Timbel dengan menggunakan 3 bahan dan 3 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya adalah Nasi Timbel

  1. Kamu dapat dari Daun Pisang (cuci dan lap bersih).
  2. Kamu siapkan dari Nasi Putih Panas (baru matang).
  3. Kamu bisa dari Minyak Goreng (untuk olesan daun).

More Nasi Timbel Lengkap adalah nasi timbel (nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang nan harum) khas sunda, Jawa Barat, yang disajikan lengkap dengan ayam goreng / ayam bakar / empal goreng, tahu dan tempe goreng, ikan asin, bakwan jagung, lalapan, dan sambal terasi. Jika kamu makan di restoran khas Sunda, ada satu menu yang bisa dipastikan selalu ada di sana, yaitu nasi timbel. Nasi timbel merupakan nasi hangat yang baru saja matang dan dibalut dengan daun pisang dan sajikan dengan beragam lauk seperti ayam goreng, sayur asem, lalapan, dan sambal. Resep Cara Membuat Nasi Timbel Komplit - Nasi timbel adalah salah satu jenis nasi yang dibuat dengan cara dibungkus dengan daun pisang.

Nasi Timbel instruksinya

  1. Daun pisang yg sudah dicuci dan dilap bersih dijemur sebentar atau ditaruh di atas panci panas. Tujuannya supaya daun tidak kaku/lemas ktika membungkus nasi. Tapiii sy jemurnya klamaan (10 mnt kayanya) smntara matahari d luar sedang puanassss jd daun trlalu kering 🤦🏻‍♀️.
  2. Untuk tampilan daun supaya lebih cantik, bagian luar daun dioles minyak goreng sedikit saja. Sy tidak sempat jadi tampilannya agak layu (lama trjemur)..
  3. Bungkus nasi dengan daun selagi nasi panas supaya tidak menempel/brantakan.. Siap deh dibawa kemping dan nasi ini masih bagus untuk besok harinya tp yg pasti sudah dingin. Kalau mau agak repot, dihangatkan di atas api unggun/kompor jd deh nasi bakar polos 😊.

Jenis nasi yang dibuat untuk nasi timbel adalah nasi pulen yang terbuat dari beras merah campuran. Makanan ini berasal dari wilayah Jawa Barat tepatnya didaerah sunda terutama kota Bandung. Nasi Timbel biasanya disajikan lengkap dengan ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, ikan asin, sayur asem, sambel dan lalaban. Ciri khas dari Nasi Timbel adalah nasinya yang dibungkus menggunakan daun pisang sehingga wangi dan tahan lama juga nasinya sangat pulen. Nasi timbel (Aksara Sunda Baku: ᮞᮍᮥ ᮒᮤᮙ᮪ᮘᮨᮜ᮪, Sangu Timbel) adalah masakan Sunda yang populer di Jawa Barat dan Banten.


EmoticonEmoticon