Rabu, 20 Maret 2019

Cara termudah untuk Memasak Lezat Nasi timbel isi ayam

Nasi timbel isi ayam. Nasi timbel is a traditional Indonesian rice dish originating from West Java. This extremely simple nasi dish is made with rice that's wrapped in a banana leaf, then steamed until tender. Nasi timbel is rarely eaten on its own - instead, it's served with various hot dishes and sides such as fried chicken, fried fish, tofu, tempeh, vegetables.

Nasi timbel isi ayam Lihat juga resep Nasi Timbel Bakar isi khas Sunda enak lainnya. Nasi Timbel adalah menu masakan terbuat dari Nasi pulen yang hangat dengan aroma khas daun pisang yang terasa nikmat dengan tambahan pelengkap seperti Ayam, tahu, tempe, sambal dan lelep membuat maskan ini terasa lengkap jika Anda sajikan sayur asam yang mendampinginya. Yuk, nikmati nasi timbel ayam nan nikmat ini. Kamu dapat Mempersiapkan Nasi timbel isi ayam dengan menggunakan 13 bahan dan 7 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya yaitu Nasi timbel isi ayam

  1. Kamu dapat dari daun pisang.
  2. Kamu bisa dari Bahan nasi liwet.
  3. Kamu bisa dari ukur beras.
  4. Kamu bisa dari Air.
  5. Kamu dapat dari daun salam.
  6. Kamu dapat dari sereh di geprek.
  7. Kamu bisa dari garam dan penyedap rasa.
  8. Kamu dapat dari Isian nasi timbel.
  9. Kamu dapat dari ayam bagian dada yg sudah d ungkep.
  10. Kamu siapkan dari Air ungkepan ayam.
  11. Kamu bisa dari daun kemangi.
  12. Kamu dapat dari bawang daun.
  13. Kamu siapkan dari Cabe rawit bila suka (saya skip karna anak saya g suka pedas).

Setelah kamu menyiapkan bahan-bahan tersebut, waktunya memasak Nasi Timbel Ayam Rice Cooker. Baca juga: Resep Masakan Sederhana untuk Anak Kos, Pakai Bumbu Instan. Langkah pertama, cuci beras hingga bersih. Lalu cuci semua bahan lainnya seperti sereh, lengkuas, daun salam, cabai, ikan teri, dan ayam hingga bersih.

Nasi timbel isi ayam instruksinya

  1. Membuat nasi liwet: cuci beras, tambah air, lalu bumbui dan beri daun salam dan sereh.. Masak seperti biasa d magic com.. Lebih enak bila d beri irisan bawang, cabe rawit, dan ikan teri.
  2. Isian: ayam yg sudah d ungkep d suwir2.. Kemudian masukan ke air sisa rebusan daging ayam..masukan daun kemangi dan daun bawang.. Dan biarkan hingga air menyusut...
  3. Lap daun pisang.. Kemudian bakar di api kecil bagian daun pisang yg mengkilap.. Hingga bagian yg atasnya berubah warna.. Ini berfungsi agar saat d bentuk daun bisa lebih elastis tidak mudak robek.
  4. Masukan nasi ke mangkuk kecil. Kemudian beri isian...
  5. Padatkan dahulu nasi d mangkok dan padatkan kembali di plastik yg sudah d sobek pinggirannya.. Karena bila langsung d padatkan d daun pisang, saya suka susah untuk membentuknya..
  6. Kemudian taruh nasi yg sudah d bentuk d atas daun pisang.. Kemudian gulung daun pisangnya.. Masukan ujung2 daun pisang ke dalam.
  7. Nasi timbel yang padat siap di sajikan.. Lebih enak bila timbel di bakar dulu.. Jadi nasi bakar deh.. Tambahkan gorengan, sambel dan kerupuk supaya lebih lengkap...

Nasi timbel merupakan makanan khas Bandung berupa nasi hangat yang baru saja matang dan dibungkus dengan daun pisang. Awalnya nasi timbel merupakan bekal makan siang para petani Sunda, lho. Tapi sekarang mudah sekali dijumpai dan jadi menu favorit di warung makan khas sunda. Jika kamu makan di restoran khas Sunda, ada satu menu yang bisa dipastikan selalu ada di sana, yaitu nasi timbel. Nasi timbel merupakan nasi hangat yang baru saja matang dan dibalut dengan daun pisang dan sajikan dengan beragam lauk seperti ayam goreng, sayur asem, lalapan, dan sambal.


EmoticonEmoticon