Kamis, 21 Maret 2019

Cara termudah untuk Menghidangkan Sempurna Opak singkong/sermier

Opak singkong/sermier. Opak singkong/sermier Elys Setiono Changhua Taiwan. Opak singkong/sermier. singkong diparut, cabe rawit, bawang putih, Daun bawang, Garam nia bayens. Asli,sy tuh blm prnh beli kecimpring di pasar,soalnya Emah suka bikin.

Opak singkong/sermier Sermier merupakan cemilan khas Pacitan yang berbahan dasar singkong, di berbagai daerah terdapat beberapa cemilan yang hampir mirip dengan sermier, akan tetapi rasa dan bentuknya berbeda. Pada beberapa daerah sermier lebih populer dengan sebutan opak dan memiliki bentuk dan rasa yang beragam. Opak Ketan Asin; Opak Ketan Manis atau orang Sunda Sering menyebutnya dengan sebutan Opak Bereum; Opak Singkong atau orang Sunda sendiri menyebutnya Opak. Kamu dapat Mempersiapkan Opak singkong/sermier dengan menggunakan 5 bahan dan 6 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya ialah Opak singkong/sermier

  1. Kamu bisa 1 buah dari singkong diparut.
  2. Kamu siapkan 2 buah dari cabe rawit.
  3. Kamu siapkan 3 siung dari bawang putih.
  4. Kamu siapkan dari Daun bawang.
  5. Kamu bisa dari Garam.

Ada lebih dari lima ribu varietas singkong tapi hanya ada dua jenis umum, yaitu singkong pahit dan singkong manis. Berikut artikel mengenai manfaat singkong untuk kesehatan. Singkong yang telah dikupas, diparut, diperas dibuang airnya, kemudian dikeringkan. Jika akan dikonsumsi, kasoami dikukus dan disantap dengan sayur dan lauk.

Opak singkong/sermier instruksinya

  1. Daun bawang potong kecil-kecil sisihkan, bawang putih dan garam dihaluskan lalu bumbu dibagi 2 bagian dan singkong parutny juga dibagi 2 bagian..
  2. Campurkan sebagian bumbu halus dan sebagian daun bawang untuk dicampur ke yang mau dibuat rasa original, dan untuk rasa pedas bisa ditambah cabe yang sudah di haluskan aduk sampai rata..
  3. Didihkan air secukupnya dimanci atau wajan sambil nunggu air mendidih, ambil sedikit adonan terserah mau bikin yang mana dulu lalu cemet kan tipis di bagian dalam tutup panci..
  4. Setelah dicemetkan lalu tutupkan tutup panci ke wajan yang airnya sudah mendidih biarkan sekitar 3 menit..
  5. Lalu bukak tutup pancinya dan diamkan/angin"kan sebentar setelah itu untuk melepaskan dari tutup panci kerok bagian pinggirny dengan sendok..
  6. Tata di nampan terus selanjutnya dijemur sampai kering. Selamat mencoba..

Penggunaan Produk Intermediate Pengembangan dari produk intermediate singkong terutama tapioka, tepung kasava, dan tepung kasava-Bimo sangat banyak variasinya. Singkong bisa di buat aneka kudapan, manis atau gurih. Nah jika bosan di buat olahan jajanan basah, bisa juga kok singkong di olah jadi cemilan kering, seperti kerupuk sermier ini. Cara membuatnya mudah, cuma di butuhkan telaten aja di prosesnya. Opak adalah makanan khas Sunda daerah Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras.


EmoticonEmoticon