Sabtu, 16 Maret 2019

Resep: Kekinian Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom. Nasi tutug oncom or sometimes simply called tutug oncom, is an Indonesian style rice dish, made of rice mixed with oncom fermented beans, originally from Tasikmalaya, West Java. It is usually wrapped in banana leaves and served with various side dishes. Nasi tutug oncom is a Sundanese dish, quite popular in most of cities in West Java, especially Bandung and Tasikmalaya, and also in Greater.

Nasi Tutug Oncom Sudah lama rasanya. dan lama ga temu temen jg. Akhirnya coba bikin sendiri ️ Nasi campur oncom khas Sunda ini biasanya disajikan dengan lalapan, sambel, dan lauk seperti tahu/tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Netizen dapat Membuat Nasi Tutug Oncom dengan menggunakan 8 bahan dan 5 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya yaitu Nasi Tutug Oncom

  1. Kamu dapat dari Nasi putih hangat.
  2. Kamu siapkan dari Daun kemangi.
  3. Kamu siapkan dari oncom.
  4. Kamu bisa dari Bumbu halus.
  5. Kamu siapkan dari bawang merah.
  6. Kamu dapat dari bawang putih.
  7. Kamu dapat dari cabe rawit.
  8. Kamu bisa dari setenagh ruas kencur.

Karena itu nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur oncom tumbuk. Nasi TO, demikian makanan ini biasa disebut, harus disajikan dalam kondisi hangat. Perpaduan rasa gurih, asin, dan pulen, terasa saat nasi ini dikunyah di mulut. Jangan lupa berikan sambal goang, yaitu sambal cabai rawit hijau dicampur sedikit garam dan bumbu penyedap pada nasi TO.

Nasi Tutug Oncom langkah-langkah

  1. Iris dadu oncom.
  2. Sangrai oncom sampai matang.
  3. Tumis bumbu halus dan masukan oncom lalu ulek dan sangrai kembali terakhir masukan kemangi sampai layu.
  4. Setelah oncom matang campurkan keatas nasi hangat lalu aduk sampai rata.
  5. Hidangkan bersama lauk seperti tempe goreng ikan asin dan sambal dan lalapan.

Nasi tutug oncom banyak kita jumpai di sejumlah rumah makan khas sunda di tanah air. Di Jawa Barat, hampir sebagian besar rumah makan khas sunda menawarkan nasi tutug oncom dengan sejumlah varian dan tidak hanya dengan menu telur dadar, ikan asin dan sambal. Kini tutug oncom juga, bisa dicampur dengan ayam goreng atau ayam bakar. Nasi Tutug Oncom Khas Tasikmalaya Resep Nasi Tutug Ocom Khas Tasikmalaya. Setelah acara pesta berlalu, saatnya kita mulai meluncurkan menu baru yang bakal dicari orang.


EmoticonEmoticon