Kamis, 14 Maret 2019

Resep: Kekinian Sayur Asem Bumbu Uleg

Sayur Asem Bumbu Uleg. Lihat juga resep Sayur asem bumbu ulek enak lainnya. Sayur asem ini cocok bgt ya buat berbuka puasa. Karena rasa kuah nya yg asem seger jadi membangkitkan selera untuk makan setelah puasa seharian.

Sayur Asem Bumbu Uleg Sayur asem bumbu uleg, memang sangat menggoda lidah kita khususnya bagi kalian penikmat sayuran. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Sayur Asem Bumbu Uleg yuk! Di setiap daerah Jawa dan sekitarnya, sayur asem biasa disajikan dengan rasa berbeda, cenderung manis. Kamu dapat Menghidangkan Sayur Asem Bumbu Uleg dengan menggunakan 23 bahan dan 4 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya ialah Sayur Asem Bumbu Uleg

  1. Kamu siapkan dari Jagung Potong².
  2. Kamu siapkan dari Labu Siam Ukuran Sedang Potong².
  3. Kamu siapkan dari Terong Ungu Potong².
  4. Kamu bisa dari Kacang Panjang Potong².
  5. Kamu bisa dari Nangka Muda Potong².
  6. Kamu bisa dari Melinjo.
  7. Kamu bisa dari Kacang Tanah (Tambahan Me).
  8. Kamu siapkan dari Daun Melinjo.
  9. Kamu dapat dari Buah Asam (Me 3 Buah Asam Segar).
  10. Kamu bisa dari Air Asam Jawa.
  11. Kamu siapkan dari Daun Salam.
  12. Kamu bisa dari Lengkuas Geprek.
  13. Kamu siapkan dari Garam (Sesuaikan selera).
  14. Kamu dapat dari Gula Pasir.
  15. Kamu bisa dari Gula Merah.
  16. Kamu dapat dari Air.
  17. Kamu siapkan dari Bumbu Halus.
  18. Kamu dapat dari Cabe Merah.
  19. Kamu dapat dari Cabe Rawit Merah (Tambahan Me).
  20. Kamu bisa dari Bawang Merah.
  21. Kamu siapkan dari Bawang Putih.
  22. Kamu bisa dari Kemiri.
  23. Kamu dapat dari Terasi.

Sementara, di daerah Betawi dan Jawa Timur, sayur asem akan cenderung asam asin. Resep lezat dan sederhana dari Indonesia. Meski kuah Sayur Asem Bumbu Uleg ini tidak lagi bening karena bumbunya yang diuleg, ternyata citarasanya makin nampol bingiiits lho Bunda! Buruan cobain deh, pasti Bunda dan keluarga di rumah bakal ketagihan!

Sayur Asem Bumbu Uleg instruksinya

  1. Sambil menghaluskan bumbu, didihkan air dalam panci, setelah mendidih masukkan jagung dan melinjo, masak sampai mendidih kembali.
  2. Setelah mendidih masukkan bumbu halus + daun salam + lengkuas + buah asam + air asam jawa, aduk² dan masak hingga bumbu matang dan wangi.
  3. Setelah itu masukkan nagka muda dan labu siam, tunggu hingga nangka muda dan labu siam setengah empuk, setelah itu tambahkan garam + gula pasir + gula jawa, koreksi rasa.
  4. Jika rasanya sdh pas, masukkan kacang panjang, daun melinjo dan terong. Aduk sayur hingga tercampur rata, tunggu hingga semua sayur matang, matikan api dan sayur asem siap disajikan. Selesai..

Resep Cara Masak Sayur Asem Bumbu Ulek Ala Dapur Nunung Bahan Bahan : - Daun Melinjo - Kacang Panjang - Touge Kacang Kedelai - Labu Siam - Kacang Tanah - Jag. Bumbu bumbu yang digunakan juga sedikit berbeda, karena sayur dari sunda ini bumbu bumbunya bukan di rajang, namun dengan di uleg termasuk cabe merahnya. Ada satu lagi perbedaannya yakni menggunakan gula merah. Inilah resep cara masak sayur asem ala sunda lengkap dengan bumbu sayur asem sunda. Bahan bahan masakan sayur asem sunda Sayur Sop (non bumbu uleg) Kadang saya adakalanya bosen dengan sayur sop yang pakai bumbu ulek trus tumis, karena kuahnya kurang segar (ada sisa minyak menumis bumbu yang masuk ke kuah).


EmoticonEmoticon