Jumat, 01 Maret 2019

Resep: Sempurna Rengginang Renyah

Rengginang Renyah. Ceritanya lagi pengen banget makan rengginang, tapi di Bali sini susah banget cari rengginang yang gurih. Yasudah, mumpung ada beras ketan nganggur, yuk kita eksekusi bareng 😘 Cara Membuat Kue Kering Rengginang Renyah - Kue rengginang merupakan kue kering yang biasa disebut dengan nama kerupuk rengginang. Kerupuk rengginang ini memiliki rasa yang gurih dan memiliki tekstur yang renyah.

Rengginang Renyah Kue ini memiliki rasa yang khas tersendiri terutama dari aroma terasi yang terdapat pada makanan ini. Resep Mudah Membuat Rengginang Garing Renyah - Rengginang adalah makanan ringan sejenis kue kering atau kerupuk renyah dari bahan dasar beras ketan yang diolah dengan melewati beberapa proses atau tahapan penyajian hingga menjadi adonan lalu dicetak dengan menggunakan cetakan rengginang dan kemudian dikeringkan dengan cara dijemur langsung di bawah terik matahari hingga kering dan. Cara Membuat Rengginang Ketan Hitam Renyah - Rengginang adalah salah satu kuliner Indonesia sejenis kue yang memiliki tekstur kering dan ranyah. Kalian dapat Mempersiapkan Rengginang Renyah dengan menggunakan 5 bahan dan 4 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya yaitu Rengginang Renyah

  1. Kamu bisa 250 gr dari ketan putih.
  2. Kamu siapkan 100 gr dari ketan hitam.
  3. Kamu siapkan 5 siung dari bawang putih.
  4. Kamu bisa 1 sdm dari garam.
  5. Kamu siapkan 50 ml dari air.

Awalnya menu rengginang ini dijadikan menu suguhan saat acara-acara rumahan seperti hajatan resepsi pernikahan, khitanan dan acara rumahan lainya. Keberadaan dari kue rengginang ini juga memiliki banyak variasi, yang pasti harus anda coba. Rengginang adalah salah satu camilan renyah yang biasa dijumpai di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Camilan renyah ini saat digigit ini mempunyai sensasi rasa tersendiri.

Rengginang Renyah instruksinya

  1. Haluskan bawang putih dan garam,beri air,sisihkan.
  2. Kukus ketan yang sudah direndam semalaman,sampai bergumpal,lalu matikan api,lalu siram dg bumbu,aduk rata,lalu kukus lagi -+25mnt hingga matang.
  3. Setelah matang,siapkan temapt untuk menjemur,boleh tambah,atau nampan,yg sudah dialasi plastik,lalu cetak dengan sendok dan tangan saja,jangan ditekan.
  4. Setelah adonan habis,jemur ditempat yang panas,jangan lupa dibalik,biar kering merata,biasanya klo panasnya bagus,2 hari dah cukup kering,lalu sudah bisa digoreng..

Apalagi kalau disantap di sore hari bersama secangkir teh hangat. O iya, dibalik rasanya yang gurih dan renyah, rengginang menyimpan arti tersendiri, lo! Cetak rengginang, lalu jemur sampai kering. Tapi pastikan rengginang sudah dingin sebelum digoreng ya bun. Kalau digorengnya masih panas karena sinar matahari, hasil gorengannya kurang mekar.


EmoticonEmoticon