Jumat, 08 Maret 2019

Tutorial Menghidangkan Lezat Kue Bugis/mendut

Kue Bugis/mendut. Kue bugis is Indonesian kue or traditional snack of soft glutinous rice flour cake, filled with sweet grated coconut. The name is suggested to be related to Bugis ethnic group of South Sulawesi as their traditional delicacy, and it is originated from Makassar. In Java the almost identical kue is called kue mendut.

Kue Bugis/mendut Hari ini jatahnya ngirim jajanan dan kopi bagi warga yg bertugas ronda. Kue mendut ini mirip dengan kue bugis khas makasar. Kue mendut biasa disajikan untuk berbagai acara hajatan seperti khitanan dan pernikahan sebagai jamuan tamu. Netizen dapat Memasak Kue Bugis/mendut dengan menggunakan 7 bahan dan 9 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya ialah Kue Bugis/mendut

  1. Kamu dapat 1 kg dari tepung ketan.
  2. Kamu siapkan 800 ml dari Santan kental,menyesuaikan adonan.
  3. Kamu siapkan 3 sdm dari gula halus.
  4. Kamu dapat 3 sdm dari mentega.
  5. Kamu dapat 30 lbr dari Daun pisang,potong menyesuaikan kue agar bisa dilipat.
  6. Kamu bisa 1/2 sdm dari garam.
  7. Kamu siapkan dari Unti kelapa (kelapa parut+gula merah+pandan) dimasak untuk isian.

Cara membuat mendut masih menggunakan cara tradisional sehingga aman dikonsumsi dan terjaga cita rasanya. Resep membuat mendut bisa anda praktekan di rumah. Camilan satu ini banyak sekali sebutannya, mulai dari kue mendut, putri mandi, atau disebut juga kue bugis. Apa pun sebutannya, yang pasti ini salah satu jajanan pasar yang saya suk.

Kue Bugis/mendut instruksinya

  1. Uleni tepung ketan,garam,gula jadi satu.
  2. Masukan santan,sedikit demi sedikit,uleni sampai adonan menyatu kalis. Jangan terlalu encer,upayakan adonan bisa dibentuk dan tidak lengket.
  3. Masukan mentega kedalam adonan.Uleni lagi.
  4. Ambil sekumpul adonan sekitar 1-2 gram,lalu pipihkan,masukan unti kelapa, tutup membentuk bulatan.
  5. Masukan kedalam wadah apem.
  6. Panaskan air kedalam panci kukus. Jika sudah mendidih, masukan kue kedalam panci kukusan, tutup dgn tutup panci yg sudah diberi seber agar air tidak menetes.
  7. Kukus kurang lebih 25 menit.
  8. Angkat Kue. Bungkus/gulung kue bugis kedalam daun pisang.
  9. Sajikan.

Satu lagu kue tradisional yang lezat dan mudah dibuat yaitu kue bugis. Pada saat bulan puasa yang sebentar lagi akan tiba memang paling sedap menyantap kue dan penganan tradisional dengan cita rasa manis, legit dan sedap seperti kolak, cendol dan kue-k ue manis. Kue bugis yang saya posting kali ini bisa menjadi alternatif untuk dibuat dan menjadi kudapan berbuka puasa yang cukup memuaskan. Sebenarnya kue yang satu ini hampir sama dengan kue klepon, hanya yang membedakannya adalah ukuran dan bentuknya. Jika Anda belum bisa membuat kue bugis yang dibungkus dengan daun pisang, dalam artikel Cara Membuat Kue Bugis ini Anda bisa membuat kue bugis sekaligus jenis lain.


EmoticonEmoticon