Kamis, 08 Agustus 2019

Resep: Lezat Pisang ijo Bugis

Pisang ijo Bugis. Pisang Ijo is a banana covered with green colored flours, coconut milk, and syrup. Pisang Ijo is sometimes served iced, and often eaten on Ramadan. Notable Bugis Or People of Bugi Descent Resep Pisang ijo Bugis.

Pisang ijo Bugis Pisang Ijo untuk membuat Es Pisang Ijo yang lezat. Membuat Resep Pisang Peppe Bugis sambal terasi cukup sederhana. Bahannya adalah pisang kepok muda, digoreng setengah matang, angkat kemudian dikeprak agar lebih tipis. Netizen dapat Memasak Pisang ijo Bugis dengan menggunakan 11 bahan dan 6 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya ialah Pisang ijo Bugis

  1. Kamu dapat dari Adonan Kulit.
  2. Kamu bisa 50 gr dari terigu segitiga biru.
  3. Kamu bisa 100 gr dari tepung beras.
  4. Kamu bisa 30 ml dari santan.
  5. Kamu siapkan 2-3 tetes dari pewarna hijau.
  6. Kamu dapat 6-7 buah dari pisang ambon.
  7. Kamu siapkan dari Bahan bubur.
  8. Kamu bisa 100 gr dari tepung beras.
  9. Kamu siapkan 70 ml dari santan instan.
  10. Kamu siapkan 5 sdm dari gula pasir.
  11. Kamu bisa dari Sirup pisang ambon.

Untuk bumbunya: Sediakan cabe secukupnya, bawang merah, bawang putih, terasi udang dan tomat. Jangan salah ya, makna dari pisang hijau bukan merujuk pada warna kulit buah ini saat masih mentah. Warna pada es pisang ijo yang menjadi ikon populer dari Makassar ini juga mengandung filosofi tersendiri bagi masyarakat Bugis, Makassar. Warna hijau melambangkan kesakralan dan suci, selain itu mampu memberikan rasa sejuk dan tentram.

Pisang ijo Bugis langkah-langkah

  1. Pertama buat adonan kulit pisang ijo, campurkan santan, tepung beras dan terigu lalu beri pewarna pandan, kemudian balut pisang.
  2. Balut semua pisang satu persatu sampai habis, masukkan ke dalam kukusan lalu kukus selama 5 - 6 menit.
  3. Sambil menunggu pisang matang kita buat dulu buburnya, campurkan gula dan tepung beras lalu siram dengan santan, aduk sampai tidak ada yang menggumpal, lalu nyalakan api kecil, masak hingga kental.
  4. Setelah pisang matang potong potong lalu tata diatas mangkuk yang sudah di beri bubur.
  5. Kemudian beri siraman sirup pisang ambon, saya tidak pakai es batu, jadi saya masukkan ke dalam kulkas agar segar saat dimakan.
  6. Selamat menikmati, ehh selamat mencoba🤗.

Es Pisang Ijo tak hanya bisa kamu temui di Sulawesi Selatan.. Pisang Epe adalah makanan khas Bugis lainnya yang berbahan dasar pisang. Makanan ini dibuat dengan cara memipihkan pisang terlebih dahulu. Showing posts with label Es Pisang Ijo. Lihat juga resep Kue Mendut / Bugis / Koci enak lainnya.


EmoticonEmoticon