Kamis, 12 September 2019

Tutorial Memasak Enak Sayur Asem (manis kecut seger)

Sayur Asem (manis kecut seger). Lihat juga resep Sayur Asem (manis kecut seger) enak lainnya. Lihat juga resep Sayur asem seger enak lainnya. Ciri khas sayur asem Jakarta adalah kuahnya yang cenderung keruh.

Sayur Asem (manis kecut seger) Sayur asem ini sebenarnya ada berbagai versi ya, ala Betawi yang pakai daging sapi, ala Sunda yang kuahnya asem bening, dan ala Jawa yang manis asemnya nendang banget. Kalau versi favorit suamiku adalah yang ala jawa dimakan bareng tempe goreng, kerupuk, ikan asin dan sambel terasi. Apabila sayur di atas telah cukup matang, segera masukkan sayur kangkung dan jagung manis; Masukkan asam jawa, tomat dan bawang merah goreng; Aduk rata dan masaklah sampai mendidih dan sayur matang; Sayur asem bening sudah siap untuk disajikan; Resep sayur asem bening diatas dapat dengan mudah Anda praktekkan di dapur kesayangan Anda dirumah. Netizen dapat Menghidangkan Sayur Asem (manis kecut seger) dengan menggunakan 18 bahan dan 2 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya ialah Sayur Asem (manis kecut seger)

  1. Kamu siapkan dari Kacang Panjang.
  2. Kamu bisa dari Terong.
  3. Kamu bisa dari Kangkung.
  4. Kamu bisa dari Jagung Manis (potong-potong).
  5. Kamu siapkan dari Nangka Muda (sdh direbus dulu) / bisa skip ga pakai Nangka. Atau bahan bisa dikreasi sendiri ya..
  6. Kamu siapkan dari Air.
  7. Kamu dapat dari Bumbu Halus:.
  8. Kamu dapat dari Kemiri.
  9. Kamu bisa dari Cabe Keriting.
  10. Kamu bisa dari Bawang merah.
  11. Kamu dapat dari Bawang putih.
  12. Kamu dapat dari Bumbu 2:.
  13. Kamu siapkan dari Asam Jawa (sekitar 6 biji jika belum dibuang bijinya), direndam sedikit air panas, ambil airnya.
  14. Kamu bisa dari Garam.
  15. Kamu dapat dari Gula Pasir.
  16. Kamu dapat dari Gula Merah (boleh agak banyak sampai rasanya pas).
  17. Kamu dapat dari Kaldu Ayam Bubuk.
  18. Kamu siapkan dari Daun Salam (sesuai selera).

Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya. Untuk rasa yang khas yang dimiliki oleh sayur asem khas jawa ini adalah, rasa manis dan pedas serta segarnya asam jawa. Yang mampu menggugah selera makan anda saat anda mencicipinya, tanpa diragukan lagi selera dan nafsu makan anda akan semakin bertambah..

Sayur Asem (manis kecut seger) instruksinya

  1. Didihkan air, masukkan jagung sampai setengah matang, masukkan bumbu halus sampai tidak langu (kurleb 7 menit)..
  2. Masukkan bumbu ke-2, koreksi rasa. Masukkan terong & kacang panjang. Setelah empuk, masukkan kangkung & nangka muda rebus..

Potongan jagung manis & nangka muda serta khas kuahnya yang pekat memang menjadi ciri dari resep sayur asem Jakarta atau Betawi ini. Sajian ini lebih pas jika dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat, cumi asin ataupun ikan asin yang digoreng serta sambal pedas yang menjadi pelengkapnya. Hidangan kurang lengkap rasanya kalau tidak pakai sayur. Mau masak sayur apa hari ini sebagai pendamping menu utama? Kalau belum punya ide, Okezone mekomendasikan resep sayur asem yang seger banget di lidah.


EmoticonEmoticon