Kamis, 03 Oktober 2019

Resep: Lezatos *Nasi Timbel Lauk Mas Bakar*

*Nasi Timbel Lauk Mas Bakar*. Nasi timbel adalah masakan/makanan khas sunda, yaitu nasi putih yang penyajiannya dibungkus dengan daun pisang dan dilengkapi dengan lauk pauk, sambel trasi dan lalapan. Nasi timbel adalah masakan/makanan khas sunda, yaitu nasi putih yang penyajiannya dibungkus dengan daun pisang dan dilengkapi dengan lauk pauk, sambel trasi dan lalapan. Nasi bakar merujuk pada nasi yang diberi beberapa bumbu dan lauk, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikunci dengan lidi, yang lalu dibakar di atas api arang.

*Nasi Timbel Lauk Mas Bakar* Nasi timbel juga hampir dipastikan akan selalu disajikan dengan sambal dadakan atau sambal yang diuleg dengan rajangan kasar berbahan cabai, bawang, tomat dan bahan-bahan lainnya. Secara umum nasi bakar merupakan nasi yang diberi bumbu berupa santan lalu dibungkus menggunakan daun pisang seperti layaknya nasi timbel. Mengingat rasanya yang sudah cukup enak dan gurih, maka ada banyak orang yang mengonsumsi nasi bakar tersebut tanpa dibarengi dengan lauk dan sejenisnya. Netizen dapat Memasak *Nasi Timbel Lauk Mas Bakar* dengan menggunakan 27 bahan dan 8 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya yaitu *Nasi Timbel Lauk Mas Bakar*

  1. Kamu siapkan dari ikan mas ukuran sedang.
  2. Kamu bisa dari nasi putih.
  3. Kamu bisa dari tahu kuning/tahu apa saja.
  4. Kamu dapat dari tempe, potong2.
  5. Kamu dapat dari daun pisang untuk bungkus nasi.
  6. Kamu dapat dari minyak goreng.
  7. Kamu dapat dari Bumbu halus :.
  8. Kamu bisa dari bawang putih.
  9. Kamu dapat dari ketumbar.
  10. Kamu dapat dari garam.
  11. Kamu bisa dari air(untuk cairkan bumbu).
  12. Kamu bisa dari Bahan sambel :.
  13. Kamu dapat dari cabe merah keriting.
  14. Kamu dapat dari cabe rawit merah.
  15. Kamu siapkan dari bawang putih.
  16. Kamu siapkan dari terasi abc.
  17. Kamu siapkan dari garam.
  18. Kamu siapkan dari gula merah.
  19. Kamu dapat dari Pelengkap lalapan.
  20. Kamu siapkan dari ketimun.
  21. Kamu bisa dari terong bulat.
  22. Kamu dapat dari daun kemangi(sy tdk pake diganti pete).
  23. Kamu bisa dari Bumbu olesan ikan bakar :.
  24. Kamu bisa dari Bawang putih.
  25. Kamu siapkan dari Ketumbar.
  26. Kamu bisa dari Kecap bangau.
  27. Kamu siapkan dari minyak goreng.

Sajian nasi timbel semakin terasa nikmat saat disantap dengan beragam lauk pauk. Nasi timbel ini tidak hanya dibakar saja, tetapi banyak beberapa pilihan untuk isi didalam nasi timbel bakar ini yaitu Bagi penyuka pedas Anda bisa pilih mulai dari ayam bawang, sambel jimbaran, sambel tempe, atau tuna. Sedangkan bagi anda yang tidak suka dengan yang pedas, Anda bisa pilih nasi timbel bakar isi telor asin. Resep Cara Membuat Nasi Timbel Komplit - Nasi timbel adalah salah satu jenis nasi yang dibuat dengan cara dibungkus dengan daun pisang.

*Nasi Timbel Lauk Mas Bakar* langkah-langkah

  1. Siapkan bahan, lalu cuci ikan dan balur dengan garam dan jeruk nipis, diamkan selama 5 menit, lalu cuci bersih.
  2. Ulek bumbu, lalu bagi 3 bagian, 1 untuk bumbu ikan, 1 untuk bumbu tahu tempe, 1 lagi untuk olesan ikan bakar,lalu balur ikan dengan bumbu, sisihkan agar bumbu lebih meresap,.
  3. Buat sambel: goreng cabe bawang putih dan terasi, lalu ulek, beri garam dan gula merah,cek rasa,haluskan sesuai selera.
  4. Lalu goreng tahu dan tempe dengan bumbu yg sama tadi.
  5. Lalu goreng ikan kemudian bakar (sy bakar dengan teflon yg dioles dengan margarine), bakar dengan dioles bumbu yg 1/3 bagian td dengan ditambah kecap dan minyak goreng, bakar bolak balik lalu angkat.
  6. Lalu bungkus nasi, taruh nasi diatas daun pisang, lalu gulung dan plintir ujungnya lalu dorong kedalam.
  7. Tata nasi dan pelengkapnya diatas piring saji, (jadi seperti difoto bungkus nasinya).
  8. G.

Jenis nasi yang dibuat untuk nasi timbel adalah nasi pulen yang terbuat dari beras merah campuran. Makanan ini berasal dari wilayah Jawa Barat tepatnya didaerah sunda terutama kota Bandung. Namun sudah tahu kah anda apa itu nasi timbel? Nasi timbel, merupakan makanan khas dari tatar Sunda. Konon, pada zaman dulu nasi timbel merupakan bekal makanan yang dibawa oleh petani untuk makan siang di sawah.


EmoticonEmoticon