Sabtu, 12 Oktober 2019

Tutorial Membuat Lezat Tutug ranginang

Tutug ranginang. Rengginang or ranginang is a kind of Indonesian thick rice cracker, made from cooked glutinous sticky rice and seasoned with spices, made into a flat and rounded shape, and then sun-dried. The sun-dried rengginang is deep fried with ample cooking oil to produce a crispy rice cracker. This cracker is quite different from other types of traditional Asian crackers such as the Indonesian krupuk.

Tutug ranginang Menurut cerita Ibu saya, menu nasi tutug adalah menu andalan yang dibuat oleh alm. Emak ketika keadaan gawat darurat terjadi. Maksud gawat darurat di sini adalah ketika lauk sebagai teman nasi tidak ada, selain tidak ada bahan untuk diolah juga karena tidak ada uang untuk membelinya. Netizen dapat Membuat Tutug ranginang dengan menggunakan 7 bahan dan 1 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya yaitu Tutug ranginang

  1. Kamu bisa 1 1/2 centong dari nasi.
  2. Kamu bisa 2 siung dari bawang merah.
  3. Kamu dapat 3 dari cabai rawit.
  4. Kamu dapat 1 sendok dari agar garam.
  5. Kamu dapat Secukupnya dari kencur.
  6. Kamu bisa 2 dari ranginang.
  7. Kamu siapkan 1 dari telor.

Tadi sudah disebutkan kalau sambal goang sangat enak disantap dengan nasi tutug oncom. Bagi kalian yang bukan berasal dari Sunda, mungkin bingung apa itu nasi tutug oncom. Mungkin kalian belum pernah mencoba bahkan mendengarnya. Makanan ini bukan hanya populer di Tasikmalaya namun juga di daerah lain di Jawa Barat.

Tutug ranginang instruksinya

  1. Siapkan nasi di piring. Ulek bumbu hingga halus, masukkan ranginang ke dalam bumbu yg sudah di ulek dan sambil ulek rangingan agar pecah / bubuk, kemudian masukkan nasi dan ulek kmbali hingga menjadi satu. Ceplok telor sesuai selera. Selamat mencoba.

Cara Membuat Chocolatos cookies Kesayangan keluarga ; Resep: Bolu chocolatos simpel Enak ; Resep: Pie teflon chocolatos😋 Kesayangan keluarga Nasi Tutug Oncom. Dari namanya saja, makanan khas Sunda satu ini sudah pasti beraromakan tradisional. Nasi tutug oncom atau orang Sunda menyebutnya sangu tutug oncom, disingkat T. O, adalah sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom paling enak apabila disajikan dalam keadaan hangat.


EmoticonEmoticon