Sabtu, 12 Oktober 2019

Resep: Viral 140. Rengginang mentah dari nasi sisa

140. Rengginang mentah dari nasi sisa. Rengginang mentah dari nasi sisa Ummu Maryam Hafizh Pontianak, Kalimantan Barat. Rengginang mentah dari nasi sisa. bawang putih, ketumbar, terasi, nasi sisa (tidak basi), bumbu halus, tapioka, garam, kaldu bubuk dan air Hadleny Kitchen. Intip/Rengginang di sini menggunakan nasi sisa kemarin ya, bukan sisa makan.☺️ Rasanya mirip banget dengan rengginang beras ketan.

140. Rengginang mentah dari nasi sisa Malah seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang. Rengginang biasanya dijual sebagai kerupuk mentah, sehingga harus digoreng terlebih dahulu. Seperti fungsi kerupuk pada umumnya, rengginang juga enak dimakan sebagai teman santapan utama. dapat Membuat 140. Rengginang mentah dari nasi sisa dengan menggunakan 9 bahan dan 8 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya ialah 140. Rengginang mentah dari nasi sisa

  1. Kamu bisa dari bumbu halus.
  2. Kamu siapkan 2 siung dari bawang putih.
  3. Kamu siapkan 1/4 sdt dari ketumbar.
  4. Kamu bisa 1/2 bks dari terasi.
  5. Kamu dapat dari Bahan adonan rengginang mentah.
  6. Kamu dapat 1 piring dari nasi sisa (tidak basi).
  7. Kamu siapkan dari bumbu halus.
  8. Kamu dapat 1 sdm dari tapioka.
  9. Kamu dapat secukupnya dari garam, kaldu bubuk dan air.

Rengginang merupakan salah satu makanan tradisional khas nusantara yang sudah dikonsumsi sebagai makanan ringan maupun makanan utama sejak lama. Jika umumnya dibuat dari nasi 'sisa' yang dikeringkan, rengginang kali ini menggunakan ketan yang dimasak dengan racikan bumbu. Lebih bermanfaat jika kamu jadikan kerupuk nasi, sebagai camilan murah meriah dan enak di rumah. Rengginang merupakan salah satu makanan tradisional khas nusantara yang sudah dikonsumsi sebagai makanan ringan maupun makanan utama sejak lama.

140. Rengginang mentah dari nasi sisa instruksinya

  1. Jika nasi padat/tidak terurai, maka tambahkan air sambil diaduk hgg butiran nasi terlepas mjd satu per satu. buang air dan tiriskan.
  2. Tambahkan bumbu halus dan secukupnya, garam,kaldu bubuk, aduk merata dan koreksi rasa..
  3. Kukus selama -+ 20 menit,angkat dan masukan dlm wadah. tambahkan tp tapioka, aduk hgg merata.
  4. Siapkan tempat lebar lalu alasi dg plastik putih trnasparan. olesi plastik tsb dg minyak. siapkam jg 1 mangkuk air utk mencelup jari tangan agar tdk lengket ketika membentuk bukatan rengginang.
  5. Ambil 1sdm adonanrengginang, letakkandiatas plastik yg tlh dioelsi dg minyak, bentuk bulatan atau sesuai selera sambil dipadatkandg jari tgn yg sebelunya sdh dicelupkan ke air agar tdk lengket. lakukan hgg smw adonan habis.
  6. Letakkan rengginang yg tlh dibentuk pd tempat yg akan dijemur.
  7. Jemur rengginang smp benar2 keras, sy sekitar 4 hari baru benar2 keras atau bs disesuaikan dg cuaca panas di kota masing2.
  8. Angkat rengginang dan goreng pd minyak panas. tiriskan.

Pada awalnya merupakan makanan yang dibuat dari sisa nasi yang tidak habis, dan daripada terbuang sia-sia makanan tersebut dikeringkan dengan dijemur lalu digoreng sehingga menjadi sejenis kerupuk yang. rengginang terbuat dari nasi sisa dan beras ketan dan juga kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang atau periuk nasi yang kemudian dikeringkan dan digoreng, namun seiring perkembangan jaman Rengginang sudah banyak mengalami perubahan bahan baku, salah satunya rengginang yang diolah dengan bahan baku Singkong. RESEP RENGGINANG ANEKA RASA Rengginang merupakan salah satu makanan tradisional khas nusantara yang sudah dikonsumsi sebagai makanan ringan maupun makanan utama sejak lama. Pada awalnya merupakan makanan yang dibuat dari sisa nasi yang tidak habis, dan daripada terbuang sia-sia makanan tersebut dikeringkan dengan dijemur lalu digoreng sehingga menjadi sejenis kerupuk yang dihidangkan sebagai. Seringkali juga kerupuk rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang. Di daerah Jawa Tengah juga ada sejenis penganan yang sama yang disebut intip, yakni kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng.


EmoticonEmoticon