Senin, 11 November 2019

Cara Menghidangkan Lezat Barobbo Ayam Khas Bugis

Barobbo Ayam Khas Bugis. Resep Barobbo (Bubur Jagung) Khas Bugis. menu ini adalah menu favorit di keluarga mertua hehe jadi kalau masak, harus porsi makan keluarga. resep di bawah bisa dikurangi takarannya ya. resepnya simpel sekali, hanya perlu kesabaran untuk terus mengaduk agar tidak gosong di dasar panci. Ini favorit saya hehe dasarnya suka jagung. Rindu dengan makanan ini apalagi kalau buat acara kumpul-kumpul bareng teman atau keluarga sering buat barrobo makanan khas dari Sulawesi Selatan., Saya sih seringnya pakai udang dan daun kelor.

Barobbo Ayam Khas Bugis Jika melihat namanya, Barobbo memang sangat unik dan mengundang rasa penasaran untuk segera menikmatinya. Barobbo adalah makanan khas yang terbuat dari jagung, sedangkan untuk masyarakat Sulawesi Selatan dikenal dengan nama Biralle dari bahasa Makassar atau Aralle dari bahasa Bugis. Barobbo merupakan bubur jagung khas masyarakat bugis yang menetap di sulawesi selatan. Kalian dapat Mempersiapkan Barobbo Ayam Khas Bugis dengan menggunakan 14 bahan dan 9 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya adalah Barobbo Ayam Khas Bugis

  1. Kamu dapat 3 dari sayap ayam potong kecil-kecil.
  2. Kamu bisa 1/2 dari canting Beras.
  3. Kamu bisa 2 buah dari jagung Besar (diserut).
  4. Kamu siapkan 3 genggam dari jagung yg telah diserut blender halus.
  5. Kamu dapat 1 buah dari wortel (potong2, saya potong memanjang).
  6. Kamu bisa 3 lembar dari kol iris tipis.
  7. Kamu siapkan 1 batang dari sop dan daun bawang iris.
  8. Kamu dapat 1 bgks dari santan kara.
  9. Kamu siapkan dari Bumbu halus.
  10. Kamu bisa 1 sdm dari himsalt.
  11. Kamu siapkan 1 sdt dari kaldu jamur.
  12. Kamu siapkan dari Merica.
  13. Kamu siapkan 5 siung dari bawang putih.
  14. Kamu dapat 7 siung dari bawang merah.

Masakan ini terdiri dari jagung, sayuran, irisan ayam, udang, dan di sajikan bersama perkedel. Dahulu, makanan yang bahan utamanya menggunakan jagung ini, di masak setiap kali panen jagung tiba. Akhir kata, tiada gading yang tak retak, demikan pula dengan "Makalah Barobbo Bugis"ini, masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca agar pada kesempatan lainnya kami dapat menulis "Makalah Barobbo Bugis" dengan lebih baik.

Barobbo Ayam Khas Bugis instruksinya

  1. Rebus ayam yg telah dicuci..
  2. Jika airnya telah mendidih masukkan beras yg telah dicuci..
  3. Jika beras tadi sudah seperti bubur, masukkan wortel, jagung yg telah diserut, dan yg telah diblender ato dihaluskan..
  4. Tumis bumbu halus sampai wangi, setelah itu masukkan santan kebumbu tumisan...
  5. Masukkan bumbu yg telah ditumis ke bubur, aduk-aduk..
  6. Masukkan kol yg telah diiris..
  7. Cek rasa bila kurang asin tambahkan garam, bila kurang gurih tmbahkan penyedap. Sesuai selera..
  8. Masukkan daun bawang dan daun sop. Matikan kompor.
  9. Hidangkan menggunakan bawang goreng, sambel merah lebih mantep...

Cara Membuat Sop Barobbo Khas Sulawesi Selatan yang Enak, Sedap dan Spesial Tips Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Diolah: Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan utama. Baca Juga: Resep Kue Barongko Khas Bugis Makassar Bagi yang ingin mencoba membuat barobbo ala homemade atau rumahan,silahkan untuk mengikuti resepnya seperti berikut ini. Liur saya langsung terangsang dengan aroma khas jagung dan kaldu yang menguar di udara. Saya pun jatuh cinta pada Barobbo sejak suapan pertama. Sambil makan, kami didongengi Bu Haji tentang Barobbo.


EmoticonEmoticon