Selasa, 05 November 2019

Resep: Viral Opak ubi

Opak ubi. Lihat juga resep ️OPAK UBI Gula Merah ️ enak lainnya. Opak Singkong adalah makanan camilan sejenis kerupuk yang berasal dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Pada awalnya opak singkong berasal dari Desa Kalibeber, Kecamatan Mojotengah namun sekarang sudah banyak desa lain yang juga membuat opak.

Opak ubi Kehidupan sederhana Abah, Emak, dan ketiga putrinya di Sukabumi membuat orang kagum, sekaligus terinspirasi. Tak hanya pesan moral dan cinematografinya saja yang kece, Keluarga Cemara juga menampilkan beberapa makanan khas Sunda. Opak Singkong adalah makanan cemilan dari Wonosobo. Anda dapat Membuat Opak ubi dengan menggunakan 4 bahan dan 3 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya ialah Opak ubi

  1. Kamu dapat 1/2 kg dari ubi parut.
  2. Kamu siapkan secukupnya dari Garam.
  3. Kamu dapat piring dari Cetakan.
  4. Kamu dapat dari Kukusan air panas.

Pada awalnya yang membuat opak singkong dari desa Kalibeber kec. Mojotengah dan sekarang sudah banyak Desa yang membuat opak tersebut. Opak Singkong rasanya gurih, terbuat dari singkong (ubi kayu)kukus, garam dan daun kucai. Siapkan air dalam panci untuk mengukus opak,masak air sampai mendidih,nyalakan kompor dgn api kecil atau sedang.

Opak ubi langkah-langkah

  1. Campur ubi yang sudah diparut dengan garam secukupnya.
  2. Panas kukusan yang sudah dberi air. Biarkan sampai mendidih.
  3. Ambil piring. Masukkan ubi parut pipihkan tipis tipis lalu kukus setelah masak angkat lepaskan opak dari piring.. Lakukan sampai habis.. Lalu jemur 2 hari dengan panas terik matahari siap untuk digoreng kapan saja..

Aplikasi ini digunakan oleh guru SMA, SMK dan SLB di Jawa Barat untuk mengusulkan kenaikan pangkat jabatan dengan menginputkan data pendidikan, data penugasan. Nilai - tambah yang diperoleh dari hasil pengolahan ubi kayu menjadi mie iris adalah. Dia tidak kesulitan untuk memasarkan ibunya karena sudah ada pabrik opak di Tuntungan yang siap menampungnya, kapanpun panen. Ubi pohon ini biasanya diolah menjadi gaplek, tepung tapioka, keripik, opak, perkedel, lemet, bacem, puding, kolak, dan tape. Tape dibuat dengan cara proses fermentasi yaitu reaksi oksidasi senyawa organik dalam beras, ketan, dan ketela dengan ragi tape (Saccharomyces cerevisiae).


EmoticonEmoticon