Sabtu, 16 November 2019

Resep: Yummy Sambal Oncom Kemangi

Sambal Oncom Kemangi. Di video kali ini mama membuat Sambal oncom kemangi Yuuk di liat cara buatnya. Jangan lupa subscribe, like dan share yaa Terima kasih, s. Resep Asli bernama Ulukutek Oncom dan Leunca, melihat tampilannya saja saya ngecess, akhirnya saya paksakan untuk memasaknya meskipun leuncanya tidak ada dan saya paksakan memasaknya maka saya beri judul Sambal Oncom Kemangi.

Sambal Oncom Kemangi Hampir mirip seperti tempe, bedanya hanya saja oncom terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan kemudian diberi campuran ragi. Makanan hasil fermentasi ini akan semakin nikmat saat diolah bersamaan dengan cabai dan dijadikan sebagai sambal pelengkap. Berikut ini adalah resep lengkap cara membuatnya. Kalian dapat Mempersiapkan Sambal Oncom Kemangi dengan menggunakan 11 bahan dan 3 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya yaitu Sambal Oncom Kemangi

  1. Kamu siapkan dari oncom.
  2. Kamu dapat dari kemangi.
  3. Kamu dapat dari leunca (saya skip).
  4. Kamu dapat dari Bumbu Halus.
  5. Kamu bisa dari bawang merah.
  6. Kamu siapkan dari bawang putih.
  7. Kamu siapkan dari cabe rawit merah.
  8. Kamu siapkan dari cabe keriting.
  9. Kamu dapat dari garam.
  10. Kamu siapkan dari gula pasir.
  11. Kamu bisa dari tomat.

Sambal oncom begitu populer di wilayah Jawa Barat. Hampir seperti tempe, bedanya oncom terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diberi ragi. Makanan fermentasi ini semakin lezat saat diolah bersama cabai dan dijadikan sambal. Resep dengan petunjuk video: Salah satu sambal yang cukup digemari orang Indonesia terutama masyarakat Sunda ini, memiliki rasa yang khas dari oncom itu sendiri dan memiliki aroma yang khas karena terdapat daun kemangi.

Sambal Oncom Kemangi langkah-langkah

  1. Siapkan bahan. Hancurkan oncom dengan meremasnya..
  2. Haluskan bumbu. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan masak..
  3. Tambahkan oncom aduk rata. Tes rasa. Sejenak sebelum diangkat tambahkan daun kemangi. Aduk-aduk, matikan api. Sambal Oncom Kemangi siap dihidangkan..

Letakkan tauge di atas piring saji, kemudian siram dengan sambal oncom. g. Berikut cara membuat sambal tempe kemangi kreasi Enno Lerian yang biasa disajikannya untuk keluarga di rumah. Letakkan tauge di atas piring saji, kemudian siram dengan sambal oncom. g. Berikut cara membuat sambal tempe kemangi kreasi Enno Lerian yang biasa disajikannya untuk keluarga di rumah. Sambal cibiuk dapat disantap dengan berbagai jenis lauk lainnya, misalnya seperti yang telah disebutkan diatas, sambal cibiuk ini dapat disatukan dengan ikan asin atau jenis lauk lain yang sesuai dengan selera anda.


EmoticonEmoticon