Sabtu, 16 Februari 2019

Cara termudah untuk Memasak Lezat Kecimpring / opak singkong

Kecimpring / opak singkong. Ada banyak nama untuk opak singkong ini, ada yang menyebutnya jalepak, samiler, kecimpring dan mungkin di daerah lain beda lagi namanya, tapi yang jelas apapun namanya opak singkong ini rasanya enak dan ni. Asli,sy tuh blm prnh beli kecimpring di pasar,soalnya Emah suka bikin😀,apalagi kalo lg panenan singkong dan cuaca lg panas cetar,kecimpring jd penganan wa. Cari produk Kerupuk lainnya di Tokopedia.

Kecimpring / opak singkong Udah bikin macam² tapi msh ada sisa. Cuss searching di sini, dan nemu ini resep. Dulu ibu saya menanam sendiri di kebun, kalo udh panen biasa nya kita bikin kerupuk ubi (nama nya klo di sini). Kamu dapat Menghidangkan Kecimpring / opak singkong dengan menggunakan 6 bahan dan 7 langkahnya. Begini metode masaknya.

Bahan-bahannya adalah Kecimpring / opak singkong

  1. Kamu bisa 1 kg dari singkong,kupas,cuci,parut.
  2. Kamu bisa secukupnya dari garam.
  3. Kamu bisa 5 btng dari bawang daun,iris.
  4. Kamu bisa dari ⭕ haluskan ⭕.
  5. Kamu bisa 3 siung dari bawang putih.
  6. Kamu dapat 1 sdm dari ketumbar.

Seingat sy dlu klo ibu bikin pke irisan daun kunyit. Kecimpring nyaris seperti opak, hanya saja diberikan bumbu-bumbu lain dan irisan cabai atau bawang daun sehingga tampilanya lebih cantik. Resep sekaligus Cara Membuat Kecimpring Singkong yang praktis kami hadirkan untuk anda yang penasaran akan rasa cemilan khas indonesia. Opak Ketan Asin; Opak Ketan Manis atau orang Sunda Sering menyebutnya dengan sebutan Opak Bereum; Opak Singkong atau orang Sunda sendiri menyebutnya Opak.

Kecimpring / opak singkong instruksinya

  1. Peras singkong yg sudah diparut. Pisahkan perasannya,setelah mengendap,buang airnya,lalu endapannya (aci),campurkan kembali ke parutan singkong. Tambahkan garam & bumbu halus,irisan bawang daun,aduk rata,cicipi rasa asinnya. Note : kalo mau pedas tambahkan cabe rawit/keriting yg diulek kasar..
  2. Siapkan selembar daun pisang (boleh ganti plastik yg agak tebal),ambil -/+ 1 sdm adonan singkong,tipiskan dengan jari tangan/garpu. Atau boleh jg dengan cara ; ambil adonan alasi daun pisang/plastik,bentuk bulat,tutupi plastik,gencet dengan talenan. Yg penting bentuknya bulat tipis yaa....
  3. Setelah semua adonan selesai dibentuk,tata di panci kukusan,sisakan sedikit ruang di tengah kukusan,agar uap air bisa naik..
  4. Kukus sampai matang,cirinya perubahan warna opak dari putih jd transparan. Angkat,lalu tata di tampah,jemur..
  5. Setelah setengah kering,lepaskan opak dari daun/plastiknya,kelupas secara perlahan. Lanjutkan menjemur sampai kering. Tergantung panas matahari,bisa 1 - 3 hari..
  6. Kecimpring yg sudah kering siap digoreng. Goreng sebentar dlm minyak yg banyak & panas..
  7. Cocok buat temen ngeteh atau ngopi☕.

Kehidupan sederhana Abah, Emak, dan ketiga putrinya di Sukabumi membuat orang kagum, sekaligus terinspirasi. Tak hanya pesan moral dan cinematografinya saja yang kece, Keluarga Cemara juga menampilkan beberapa makanan khas Sunda. Salah satunya opak yang menjadi ikon film ini. Ketika berkunjung ke daerah Jawa Barat, ada satu primadona kuliner yang tak pernah terlewatkan oleh para pendatang. Namanya Kicimpring, makanan khas dari Jawa Barat ini bentuknya seperti keripik, pipih, dan garing ketika dimakan.


EmoticonEmoticon