Minggu, 01 September 2019

Tutorial Menghidangkan Sempurna Paliat khas kalua tabalong

Paliat khas kalua tabalong. Lihat juga resep Paliat khas kalua tabalong enak lainnya! Ini nih masakan khas daerah Tabalong khususnya daerah Paliat, Kelua. Makanan ini menggunakan santan kental tapi dimulut rasanya segarrrr maknyussss.

Paliat khas kalua tabalong Oleh karena itu, Gangan Paliat populer disebut sebagai makanan urang Tabalong. Ilustrasi Gambar Sejarah Asal Usul Paliat Khas TabalongDan satu lagi yang harus kalian tau Paliat ini sebagai salah satu sajian utama lhoo untuk menjamu para tamu undangan dalam pesta perkawinan, karena makanan ini disebut-sebut sebagai sajian istimewa, yah walaupun. Pada dasarnya paliat dibuat dengan bahan baku ikan yang segar kemudian dikombinasikan dengan santan yang kental dan juga jeruk limau serta tambahan kunyit. Netizen dapat Memasak Paliat khas kalua tabalong dengan menggunakan 14 bahan dan 5 langkahnya. Beginilah cara masaknya.

Bahan-bahannya adalah Paliat khas kalua tabalong

  1. Kamu dapat 250 gr dari Udang galah ukuran besar.
  2. Kamu siapkan 200 ml dari santan kental.
  3. Kamu bisa 1 biji dari limau kuit.
  4. Kamu siapkan dari Air.
  5. Kamu bisa dari Garam.
  6. Kamu bisa dari Gula.
  7. Kamu dapat dari Penyedap rasa(opsional).
  8. Kamu dapat dari Bumbu:.
  9. Kamu bisa 5 buah dari bawang merah.
  10. Kamu bisa 2 buah dari bawang putih.
  11. Kamu siapkan 2 cm dari jahe.
  12. Kamu dapat 2 cm dari kunyit.
  13. Kamu dapat 3 cm dari lengkuas (geprek).
  14. Kamu bisa 1 buah dari sereh (geprek).

Nah untuk cara membuat gangan kailan terbilang mudah, namun bagi anda yang penasaran silahkan anda tengok resep gangan paliat khas Tabalong dibawah ini. Cara Memasak Gangan Paliat Khas Tabalong Enak dan Sedap - Pastinya anda sudah tahu dengan resep apa yang akan kami bagi kali ini, iya kami akan berbagi resep tentang sebuah masakan yang enak dan sedap yaitu gangan paliat. Apa itu gangan paliat mungkin dari sebagian anda masih terasa asing dengan makanan ini, nah untuk itu akan kami jelaskan semuanya dan langsung akan kami bagi resepnya untuk. Meskipun ada kalimat kata India namun kue ini adalah kue khas dari Tabalong.

Paliat khas kalua tabalong instruksinya

  1. Haluskan semua bumbu kecuali lengkuas dan sereh..
  2. Bersihkan udang, bacem dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan perasan air limau kuit 1/2 biji. Diamkan 5-10 menit.
  3. Didihkan air secukupnya (1 gelas). Masukkan udang yang sudah diberi bumbu. Tunggu sampai mendidih lagi.
  4. Masukkan santan. Masak dengan api kecil dan aduk terus agar santan tidak pecah. Masukkan garam gula dan penyedap rasa dan tambahkan perasan limau kuit. Koreksi rasa. Tunggu hingga matang.
  5. Paliat ini lebih mantap kalau disajikan dengan sambel terasi dan lalapan ❤️❤️❤️.

Kue yang memiliki rasa manis dan kekenyalan yang cukup baik membuat kue ini begitu familiar bagi masyarakat Tabalong sehingga kue ini banyak dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan ketika berlibur ke Tabalong. Perpaduan rasa yang manis dan legit membuat kue ini banyak diincar. Kelua (bahasa Banjar: Kalua) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibukota kecamatan ini terletak di kelurahan bernama Pulau. Gangan paliat adalah salah satu masakan khas urang Tabalong.


EmoticonEmoticon